Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | PGM201 |
Nama Matakuliah | Strategi Pembelajaran MI/SD |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | ZULHENDRI |
Peserta Perkuliahan | 1930111015 - DELTI KURNIA, 1930111029 - FIRA SAPUTRI, 1930111039 - INTAN SUNDARI, 1930111051 - MUHAMMAD ZIKRI, 1930111052 - MUTIARA FADHILLAH DESRA, 1930111053 - NADIYA ELSA PUTRI, 1930111054 - NADYA DWI OKTA PUTRI CHANIAGO, 1930111055 - NALFA WULANDARI, 1930111056 - NELVI DESRITA, 1930111057 - NUR AFNI, 1930111058 - NUR ANISA, 1930111059 - NUR KHAIRANI, 1930111060 - NURDIANA, 1930111061 - NURHAYATI, 1930111063 - PUTRI ANZUYA, 1930111064 - QORI AMARA, 1930111066 - RAHMA DANI, 1930111067 - RANI DWI PUTRI, 1930111068 - RAUDHOTUL JANNAH, 1930111071 - REVINA JUNIA PUTRI, 1930111072 - REZA FEBRIANTI, 1930111074 - RINDIANI, 1930111075 - RISALATUL AZMI, 1930111076 - ROZA MUSPITA SARI, 1930111077 - SAKINA RAHMA FITRI, 1930111078 - SASMITA RAHMADANI, 1930111079 - SEPTI ELVIRA ANGGRAINI, 1930111080 - SITI AISYAH ERNI, 1930111081 - SRI NUR RAHMI, 1930111082 - SUSI SAFITRI, 1930111083 - SUSI SHOLAIHA, 1930111084 - SYARAH YULIANI, 1930111085 - TIA RAHMAWATI, 1930111086 - TRI WULANDARI, 1930111087 - TUTI GUSTIN, 1930111088 - ULFI DWI IDRA, 1930111089 - WAFIQ AZIZAH, 1930111090 - WAHDINI ANNA FILLA, 1930111091 - WASTRIAMI, 1930111092 - WIDIANA EKA PUTRI, 1930111093 - WIDYA PITALOKA, 1930111094 - WILDA HIDAYATI, 1930111095 - WINDA YONA FAUZIA, 1930111096 - WINDI YONA HANIVAH, 1930111097 - WITA VRICELA, 1930111098 - YENNI ROZA, 1930111099 - ZAHARA TUNISA, 1930111100 - RUSDEE TAPAKIYA |
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang (1) konsep perkembangan, mencakup : (a) konsep perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, serta (b) pengertian, prinsip, pendekatan, dan tahapan perkembangan; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; (3) konsep dan tugas perkembangan berdasarkan tahapan perkembangan; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan psikomotorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosiomosional, (e) moral dan religi, (f) kemandirian, dan (g) perkembangan karier; (5) permasalahan remaja serta implikasinya dalam pendidikan.
Kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikannya dalam pendidikan tentang konsep perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, karakteristik perkembangan psiko-fisik peserta didik, dan permasalahan anak/remaja.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Orientasi Perkuliahan | Kelas online dan diskusi melalui e-campus, WA, Google Classroom | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Penjelasan deskripsi dan silabus mata kuliah. |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM201-Strategi Pembelajaran MI/SD (2 SKS), Semester: 3 19-PGMI-B, Dosen : ZULHENDRI, Ruang: Lokal KI.8, Hari: Kamis, 13.15 s.d 14.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar