Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | IBS202 |
Nama Matakuliah | Bahasa Arab Li Maharatil Kalam Yaumiyah |
Semester | 1 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | MELISA REZI, S.PDI., MA |
Peserta Perkuliahan | 2030111124 - RISKA AULIA AKMAL, 2030111125 - RISKA MEISYI PUTRI, 2030111126 - RISKA PUTRI WAHYUNI, 2030111127 - RONA NADILLA, 2030111128 - SALMA, 2030111129 - SALMA ARIFANI, 2030111130 - SALMAN ALFARISI, 2030111131 - SARA NOVITA SARI, 2030111132 - SHELA ANTIKA, 2030111133 - SISI ADRIANI, 2030111134 - SISKA JUNITA, 2030111135 - SISKA WULANDARI, 2030111136 - SITI NURLATIFAH, 2030111137 - SONIAH, 2030111138 - SRI PUTRIKA YULIANA, 2030111139 - SUCI INDAH LESTARI, 2030111140 - SYARIFATUL ULYA, 2030111141 - SYUKRA WATI OVERA, 2030111142 - TAKIN, 2030111143 - TIKA RAHMADANI, 2030111144 - TILZA RAHMI, 2030111145 - TITA CHIKAL KUMEINI, 2030111146 - TRI MUTIARA, 2030111147 - TRY OKTAFENNY, 2030111148 - ULFA FADILA, 2030111149 - VERSI INSANI FITRI, 2030111150 - VIOLA KAMARA, 2030111151 - VIONY AURELIA PUTRI, 2030111152 - WIDIA SATHIKMA, 2030111153 - WIDIA YONA MUFLIHA, 2030111154 - WIKI SAFITRI, 2030111155 - WILMA JUNIDA, 2030111156 - WULANDARI JUNIA PUTRI, 2030111157 - YANE TRISNAWATI, 2030111158 - YELNI DESRINA, 2030111159 - YELVINA, 2030111160 - YOSSI FAJRIWASTI, 2030111161 - YUNI KARLI SAPUTRI, 2030111162 - YUWINDI ZAHRA, 2030111163 - ZAHARA, 2030111164 - ZAKIA |
Mahasiswa mampu menguasaik kosakata kosakata keseharian, pola pola struktur fungsional dan praktek dialog bahasa Arab keseharian
Mahasiswa mampu berkomunikasi bahasa Arab keseharian dengan baik
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Menguasai dan melaksanakan kontrak kuliah dan rincian RPS dengan baik dan benar | Pembahasan tentang Pengantar dan kontrak perkuliahan | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa berkemampuan menata diri untuk menyusun agenda perkuliahan dan melaksanakan tugas terstruktur dan mandiri selama masa perkuliahan | Praktek Dialog dan berkomunikasi dalam bahasa Arab | Menguasai dan melaksanakan kontrak kuliah dan rincian RPS dengan baik dan benar | RPS |
2 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang perkenalan b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang perkenalan c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang perkenalan dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang perkenalan |
Pembahasan tentang perkenalan | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema perkenalan - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
Praktek perkenalan bahasa Arab | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
Perkenalan |
3 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang perkenalan b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang perkenalan c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang perkenalan dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang perkenalan |
Pembahasan tentang angka | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema Angka dan Jam - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
Prakteng berhitung angka dalam bahasa Arab | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
angka |
4 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang perkenalan b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang perkenalan c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang perkenalan dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang perkenalan |
Pembahasan tentang jam | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema Angka dan Jam - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
2 x 50 menit | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
jam |
5 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang keluarga b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang keluarga c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang keluarga dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang keluarga |
Pembahasan tentang keluarga | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema keluarga - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
2 x 50 menit | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
keluarga |
6 | a. Mengidentifikasi dan memahami kosakata tentang tempat tinggal b. Mengidentifikasi dan memahami dialog tentang tempat tinggal c. Mempraktekkan dialog baru dan menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang tempat tinggal dengan bahasa Arab lalu di upload d. Melakukan percakapan bebas tentang tempat tinggal |
Pembahasan tentang tempat tinggal | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
- Mahasiswa mempelajari materi dalam bentuk pdf /rekaman yang diberikan oleh dosen - Mahasiswa mendengarkan penjelasan materi melalui video yang di upload oleh dosen - Mahasiswa menghafal mufradat tentang tema tempat tinggal - Mahasiswa merancang scenario cerita/ dialog sesuai kreatifitas mereka masing-masing sesuai dengan tema yang dipelajari - Mahasiswa mempraktekkannya dalam bentu video yang di upload - Mahasiswa mendiskusikannya (sesi kritik/ saran ataupun tanya jawab) dan dosen memberikan penguatan di akhir kegiatan. |
2 x 50 menit | a. Kretivitas dalam membuat scenario ungkapan atau dialog Bahasa Arab keseharian b. Ketepatan pelafalan/ pengucapan mufradat, ungkapan, dan dialog (makharijul hurufnya) c. Kelancaran dalam komunikasi lisan d. Ekspresi komunikasi dan property yang digunakan |
tempat tinggal |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang kehidupan sehari hari | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | kegiatan sehari hari |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | lisan/ praktek |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang makanan dan minuman | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | makanan minuman |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang perkuliahan | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | perkuliahan |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang profesi | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | profesi |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang pasar | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | pasar |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang hobi | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | hobi |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang kesehatan | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | kesehatan |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang liburan | - Discovery Learning - Project Based Learning - Simulasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | liburan |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | lisan/ praktek |
Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS202-Bahasa Arab Li Maharatil Kalam Yaumiyah (2 SKS), Semester: 1 20-PGMI-D, Dosen : MELISA REZI, S.PDI., MA, Ruang: L2.9, Hari: Kamis, 13.15 s.d 14.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar