Abstract:
Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah Bagaimana Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Menabung pada PT. BPR Syariah Barakah Nawaitul Ikhlas Solok serta jenis-jenis promosi apa yang dilakukan PT. BPR Syariah Barakah Nawaitul Ikhlas Solok.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh promosi terhadap keputusan menabung nasabah BPR Syariah Barakah Nawaitul Ikhlas Solok dan untuk mengetahui apa saja promosi yang dilakukan.
Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kuantitatif, dengan populasi yaitu nasabah funding khususnya tabungan pada PT. BPR Syariah Barakah Nawaitul Ikhlas Solok. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 95 responden, data diambil dengan angket. Kemudian penulis mengolah data dengan rumus statistik, sedangkan analisi yang digunakan adalah analisis korelasi, analisis regresi linear sederhana, dan uji T.
Jenis-jenis promosi yang dilakukan PT. BPR Syariah Barakah Nawaitul Ikhlas Solok adalah dengan pemasangan papan nama di depan bank, menyebarkan brosur ke lokasi yang baru dikunjungi, memberikan bagi hasil sebesar 20% kepada nasabah, dan melakukan promosi secara langsung kepada calon nasabah.
Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Menabung pada PT. BPR Syariah Barakah Nawaitul Ikhlas Solok, diperoleh persamaan regresi Y=1,943+0,245X. Jika nilai Promosi adalah nol, maka keputusan menabung bernilai sama dengan nilai konstanta yaitu 1,943, kemudian apabila promosi mengalami peningkatan sebesar satu satuan, maka keputusan menabung akan meningkat sebesar 0,245 satuan. Dari hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,870, artinya promosi mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan keputusan menabung. Nilai R Square sebesar 0,7569 memperlihatkan bahwa promosi mempengaruhi keputusan menabung pada PT. BPR Syariah Barakah Nawaitul Ikhlas Solok sebesar 75,69% sedangkan sisanya sebesar 24,31% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Melalui uji T diketahui bahwa promosi memiliki nilai t hitung sebesar 17,011. Sedangkan nilai kritis menurut tabel, dengan menggunakan rumus df=n-2 yaitu df = 95-2 = 1,661. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan menabung pada PT. BPR Syariah Barakah Nawaitul Ikhlas Solok secara signifikan.