Publikasi IAIN Batusangkar

FIS403-Pendahuluan Fisika Inti (3 SKS) 5 18-TFIS-A HADIYATI IDRUS, M.SC L3.1, Jum'at, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

FIS403-Pendahuluan Fisika Inti (3 SKS) 5 18-TFIS-A HADIYATI IDRUS, M.SC L3.1, Jum'at, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA
Kode Matakuliah FIS403
Nama Matakuliah Pendahuluan Fisika Inti
Semester 5
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan HADIYATI IDRUS, M.SC
Peserta Perkuliahan 1730107018 - RINI WULANDARI,
1830107002 - AMINUL INSAN,
1830107003 - ANDIKA DARMA PUTRA,
1830107004 - DESPIRA HANDAYANI,
1830107005 - DESPRI MAHARANI,
1830107006 - DWI APNI RAHAYU,
1830107007 - EDRIGON,
1830107009 - FADILATUR RAHMI,
1830107010 - FAUZIA ALVINO,
1830107011 - FENI HUMAIRA,
1830107013 - IRMA SURYANI PUTRI,
1830107014 - ISRA AZHARIA,
1830107017 - MIRA ISNAINI REZEKI,
1830107019 - NADIATUL HUSNA,
1830107021 - NOVA RAHMA DONA,
1830107022 - NUR ASNA,
1830107023 - NURKHOIRIAH RAMBE,
1830107025 - PERMATA LENI,
1830107026 - RAHMI FADILA,
1830107027 - SITI SALSABILA,
1830107028 - SRI UTAMI DEWI,
1830107029 - SUKMA ROVIANI,
1830107030 - SYAFRIWAL AM,
1830107031 - VIENA ANGELIA MULYADI,
1830107032 - WERI OKTAVIA,
1830107033 - ZIYAD FADHLAN NABIL

2. Deskripsi Pembelajaran

Bahasan mata kuliah ini meliputi : struktur inti; sifat inti; radioaktivitas; detektor radiasi; peluruhan alfa, beta dan gamma; proteksi radiasi; reaksi inti; gaya dan model inti; fisi nuklir; pembangkit energi nuklir; akselerator, dan partikel elementer.

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu menguasai konsep struktur inti , sifat inti, radioaktivitas, detektor radiasi, peluruhan alfa, beta dan gamma; proteksi radiasi; reaksi initi, gaya dan model inti; fisi, pembangkit energi nuklir, akselerator partikel dan partikel elementer, serta mendesiminasikan hasil kajian dalam bentuk laporan sesuai kaidah ilmiah.
Mahasiswa memiliki keterampilan berpikir logis, kritis, dan sistematis dalam mengaplikasikan konsep-konsep Fisika Inti
Mahasiswa memiliki sikap jujur, semangat kemandirian, tidak mudah menyerah, bertanggungjawab, berakhlakul karimah, dan kerjasama.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: FIS403-Pendahuluan Fisika Inti (3 SKS), Semester: 5 18-TFIS-A, Dosen : HADIYATI IDRUS, M.SC, Ruang: L3.1, Hari: Jum'at, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS