Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA |
Kode Matakuliah | FIS403 |
Nama Matakuliah | Pendahuluan Fisika Inti |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | HADIYATI IDRUS, M.SC |
Peserta Perkuliahan | 1730107018 - RINI WULANDARI, 1830107002 - AMINUL INSAN, 1830107003 - ANDIKA DARMA PUTRA, 1830107004 - DESPIRA HANDAYANI, 1830107005 - DESPRI MAHARANI, 1830107006 - DWI APNI RAHAYU, 1830107007 - EDRIGON, 1830107009 - FADILATUR RAHMI, 1830107010 - FAUZIA ALVINO, 1830107011 - FENI HUMAIRA, 1830107013 - IRMA SURYANI PUTRI, 1830107014 - ISRA AZHARIA, 1830107017 - MIRA ISNAINI REZEKI, 1830107019 - NADIATUL HUSNA, 1830107021 - NOVA RAHMA DONA, 1830107022 - NUR ASNA, 1830107023 - NURKHOIRIAH RAMBE, 1830107025 - PERMATA LENI, 1830107026 - RAHMI FADILA, 1830107027 - SITI SALSABILA, 1830107028 - SRI UTAMI DEWI, 1830107029 - SUKMA ROVIANI, 1830107030 - SYAFRIWAL AM, 1830107031 - VIENA ANGELIA MULYADI, 1830107032 - WERI OKTAVIA, 1830107033 - ZIYAD FADHLAN NABIL |
Bahasan mata kuliah ini meliputi : struktur inti; sifat inti; radioaktivitas; detektor radiasi; peluruhan alfa, beta dan gamma; proteksi radiasi; reaksi inti; gaya dan model inti; fisi nuklir; pembangkit energi nuklir; akselerator, dan partikel elementer.
Mahasiswa mampu menguasai konsep struktur inti , sifat inti, radioaktivitas, detektor radiasi, peluruhan alfa, beta dan gamma; proteksi radiasi; reaksi initi, gaya dan model inti; fisi, pembangkit energi nuklir, akselerator partikel dan partikel elementer, serta mendesiminasikan hasil kajian dalam bentuk laporan sesuai kaidah ilmiah.
Mahasiswa memiliki keterampilan berpikir logis, kritis, dan sistematis dalam mengaplikasikan konsep-konsep Fisika Inti
Mahasiswa memiliki sikap jujur, semangat kemandirian, tidak mudah menyerah, bertanggungjawab, berakhlakul karimah, dan kerjasama.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: FIS403-Pendahuluan Fisika Inti (3 SKS), Semester: 5 18-TFIS-A, Dosen : HADIYATI IDRUS, M.SC, Ruang: L3.1, Hari: Jum'at, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar