Publikasi IAIN Batusangkar

MAT309-Kalkulus Geometri (3 SKS) 3 19-TMM-A LELY KURNIA, S.PD., M.SI. L3.3, Jum'at, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

MAT309-Kalkulus Geometri (3 SKS) 3 19-TMM-A LELY KURNIA, S.PD., M.SI. L3.3, Jum'at, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Kode Matakuliah MAT309
Nama Matakuliah Kalkulus Geometri
Semester 3
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan LELY KURNIA, S.PD., M.SI.
Peserta Perkuliahan 1630105010 - DELTA FEBRIANY NUR FADILAH,
1630105015 - ELSI FITRIA,
1630105040 - RAHMA LIANTI,
1730105043 - RAHMAD GUSNUR FAJRI,
1730105044 - RAHMATUL HIDAYAH,
1830105004 - ARYA SENA SATYA NEGARA,
1830105005 - ASNI MAYULITA,
1830105009 - AYU LESTARI,
1830105011 - DELVA YONA SASTRAWATI,
1830105012 - DENATUL HASANAH,
1830105013 - EFRIANA GUSNI,
1830105014 - EZI DAWANTI,
1830105015 - FANIA MARTA FIONA,
1830105019 - FITRI HANDAYANI,
1830105022 - HAYATUN NUFUS,
1830105023 - HAZIZAH,
1830105024 - HIKMATHUN NAZILA,
1830105026 - IRJI ILA RABBIKI,
1830105027 - ISKA HIDAYAT,
1830105035 - MONICA FEBRIANTI,
1830105037 - MUHAMMAD RIFKI,
1830105040 - NOFA RAHMA DENI,
1830105041 - NOFITA FIRGAYANTI,
1830105042 - NOVITA SARI,
1830105044 - NURHAYATI,
1830105046 - RAMADHANI PUTRI,
1830105047 - RANI MEILIA PUTRI,
1830105049 - RIFI NOVIANI,
1830105054 - SITI ZAHARA,
1830105055 - SUCI INDAH SARI,
1830105057 - TIARA DEWINA,
1830105062 - WARNI RAHMADHANI,
1830105063 - WENI NOVITA SARI,
1830105064 - YOGA OKTAVIANTO,
1830105065 - YUNIA SARTIKA,
1830105067 - ZANI RAHMAWATI,
1830105069 - ZULHIARSI GUSNEFI,
1830105070 - ZURYATI,
1930105001 - AFIFAH,
1930105002 - ANISA SARIFAH,
1930105003 - ANNISA PUTRI MAHARANI,
1930105004 - ANNISA WARDATUL JANNAH,
1930105005 - ARIFA WAHIDASAFRI,
1930105006 - ATIVA,
1930105007 - AZIZAH TURRAHMI,
1930105008 - AZZAHRA SRI RAHAYU,
1930105009 - CICI HANDAYANI,
1930105010 - DANA TRISNAWATI,
1930105011 - DEAR MASITA,
1930105012 - DELI MAIRAWITA,
1930105013 - DENI TRIMA PUTRI,
1930105015 - DEWITA WIDYA DARA,
1930105016 - DIKE TRI HERMA GUSWITA,
1930105017 - DINA FAJMA NINGSIH,
1930105018 - DINA SALMI,
1930105020 - FEBY ANGGRAINI,
1930105021 - GEVI PUTRI FILCHA,
1930105022 - GUSTINA WULANDARI,
1930105024 - HANIFATUR RADHIAH,
1930105025 - HELEN ZANETTRI

2. Deskripsi Pembelajaran

mata kuliah ini membahas: sistem koordinat, permukaan dalam ruang simensi tiga, fungsi dua peubah atau lebih, limit fungsi dua peubah, kekontinuan turunan parsial dan keterdifferensialan. Ekstrim fungsi dua peubah, teorema nilai rata-rat, deret Mac Laurin dan deret Taylor. Integral ganda dua dan integral ganda tiga, Jacobian dan transformasi koordinat. Menggambar grafik dan peubah matematika domain

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa dapat menggunakan konsep limit, turunan dan integral dari fungsi dua peubah atau lebih serta penggunaannya dalam bidang yang terkait dan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan kalku diferensial dan integral kontrak perkuliahan, review materi kalkulus diferensial dan integral tanya jawab, diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal kalkulus dif dan kalk integral 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan diferensial dan integral berbagai fungsi,
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan koordinat kutub dan grafik persmaan kutub Pembahasan tentang sistem koordinat kutub Tanya jawab, diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal koordinat kutub 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan perbedaan koordinat kartesius dan koord kutub, Ketepatan mensketsa grafik pers kutub, dan lain sebagainya vidio bernarasi
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mensketsa Kardioid, limason, lemniskat, mawar dan spiral. Pembahasan tentang Kardioid, limason, lemniskat, mawar dan spiral. Tanya jawab dan diskusi Menyimak, Mengamati, Mensketsa, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan mensketsa grafik pers kutub, slide
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Kalkulus dalam koordinat kutub Pembahasan tentang Kalkulus dalam koordinat kutub Tanya jawab dan diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Kalkulus dalam koordinat kutub 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Kalkulus dalam koordinat kutub pdf, slide
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mensketsa grafik di ruang tiga Pembahasan tentang 1. Koordinat Cartesius dalam Ruang Dimensi Tiga (R3)
2. Grafik di dalam R3
Tanya jawab dan diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal grafik di ruang tiga 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan dan mensketsa grafik di Ruang tiga pdf, slide
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mensketsa garifk di Ruang tiga Pembahasan tentang grafik di Ruang dimensi tiga tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan ruang dimensi tiga, Ketepatan mensketsa garfik di Ruang tiga power point
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mensketsa koordinat tabung dan bola Pembahasan tentang permukaan di Ruang tiga, koordinat tabung dan bola tanya jawab Menyimak, Mengamati, tanya jawab 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan koordinat tabung dan bola sebagainya pdf, power point
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT309-Kalkulus Geometri (3 SKS), Semester: 3 19-TMM-A, Dosen : LELY KURNIA, S.PD., M.SI., Ruang: L3.3, Hari: Jum'at, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA

Pengunggahan Barusan