Abstract:
Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahwa semakin menyesuaikan diri bank syariah dengan keadaan persaingan antar bank maka semakin tangguh daya saingnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing yang dilakukan Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkar adalah strategi keunggulan biaya menyeluruh dengan memberikan margin yang rendah, strategi diferensiasi yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik, keunggulan produk, dan promosi yang dilakukan, strategi fokus dengan memfokuskan PNS sebagai sasaran promosi. Serta bersaing secara sehat dan tidak menjatuhkan pesaingnya sesuai dengan cara bersaing yang dicontohkan Rasululah. Dengan strategi yang dilakukan bank mampu menarik minat masyarakat untuk menjadi nasabah di Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkar.
Penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke lapangan yang menggambarkan bagaimana strategi bersaing Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkar. Data dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer dan sekunder berupa hasil wawancara dan dokumen yang berhubungan dengan jumlah nasabah dan jumlah pembiayaan yang disalurkan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi.