Publikasi IAIN Batusangkar

BDK208-Teknik – Teknik Konseling (4 SKS) 5 18-BK-B IRA OKTARINI, M. PD, Dr. Silvia Netri, M.Pd., Kons., KIKI MARIAH, S.Pd.I., M.Pd Lokal KII.3, Sabtu, 07.15 s.d 10.34 2020/2021

BDK208-Teknik – Teknik Konseling (4 SKS) 5 18-BK-B IRA OKTARINI, M. PD, Dr. Silvia Netri, M.Pd., Kons., KIKI MARIAH, S.Pd.I., M.Pd Lokal KII.3, Sabtu, 07.15 s.d 10.34 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan BIMBINGAN KONSELING
Kode Matakuliah BDK208
Nama Matakuliah Teknik – Teknik Konseling
Semester 5
SKS 4 sks
Pengampu Perkuliahan IRA OKTARINI, M. PD,
Dr. Silvia Netri, M.Pd., Kons.,
KIKI MARIAH, S.Pd.I., M.Pd
Peserta Perkuliahan 1730108038 - MUHAMMAD SYAQIL MAJID,
1730108051 - RAHMAT,
1730108094 - ZHAFRAN HIDAYATULLAH,
1830108009 - ANES LEXMANA,
1830108013 - ANTON SYAHPUTRA,
1830108014 - ARIFAN FADILA,
1830108018 - CHEN MARSE GUSRA,
1830108032 - HADINDA PUTRI,
1830108033 - I'IS DAHLIA,
1830108034 - ILFAN SAPUTRA,
1830108038 - INDRI RAHAYU,
1830108039 - JUMAINI,
1830108040 - LELATUL HUSNA,
1830108041 - LILI SURYANI,
1830108043 - MASYTA,
1830108044 - MAULIA PUTRI,
1830108045 - MAYA AZ-ZAHRA,
1830108046 - MERISA,
1830108048 - MUHAMMAD AZIZ KHAIDIR,
1830108049 - MUTIARA CHANIA,
1830108050 - NATASYA AYUMI MADHANI,
1830108051 - NIA SOVIA ANGGRAINI,
1830108052 - NIKI AYU ASTUTI,
1830108053 - NOLA NIKA,
1830108054 - NORMATIKA,
1830108055 - NURAISYAH HAYATI,
1830108057 - NURIANA SAPUTRI,
1830108059 - PEPEN ARDIANSYAH,
1830108061 - RAHAYU SISKA,
1830108062 - RAHMATUL ARIFA,
1830108093 - ZULFITRI

2. Deskripsi Pembelajaran

Perkuliahan terkait dengan pengertian, karakteristik, teknik umum dan teknik khsusus serta prosedur yang ditempuh dalam pelaksanaan layanan konseling perorangan, materi juga terkait dengan penilaian terhadap proses dan hasil konseling, serta tindak lanjut. Pada proses perkuliahan juga diadakan praktik via online, yang selanjutnya dilakukan refleksi terhadap kegiatan praktik tersebut.

3. Capaian / Kompetensi

Agar mahasiswa dapat :

1. Mengetahui konsep dasar konseling
2. Mengetahui etika konseling
3. Memahami tentang teknik-teknik umum konseling perorangan.
4. Memahami tentang teknik-teknik khusus konseling perorangan.
5. Memahami tahap-tahap pelaksanaan konseling perorangan.
6. Memahami penilaian dalam konseling perorangan
7. Memahami tindak lanjut dalam konseling perorangan
8. Menguasai berbagai keterampilan dalam memberikan layanan konseling perorangan dalam rangka penyelenggaraan BK Komprehensif di sekolah dan luar sekolah dalam bidang pengembangan (pribadi, hubungan sosial, kegiatan belajar, karir, kehidupan berkeluarga, dan kehidupan keberagamaan).

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 ................ Memahami konsep dasar layanan konseling perorangan. 1. Menyimak paparan dosen
2. Merespon paparan dosen
4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Orientasi Perkuliahan
1. Perkenalan
2. Pembahasan silabus
3. Konsep dasar layanan KP
2 .............. 1. Memahami tentang teknik-teknik hubungan konseling perorangan.
2. Memahami tahap-tahap pelaksanaan konseling perorangan.
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit 1. Presentasi
2. Membuat laporan kegiatan
3. Mempelajari dan mengisi Modul I bagian satu
4. Praktik
Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
A. Mengidentifikasi teknik-teknik KP
- Teknik Umum
- Teknik khusus

B. Tahap-tahap pelaksanaan KP
-Attending
- Kegiatan
- Penilaian
- Tindak lanjut
3 ........... 1. Memahami tentang teknik-teknik hubungan konseling perorangan.
2. Menguasai keterampilan dasar konseling perorangan.
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit 1. Presentasi
2. Membuat laporan kegiatan
3. Mempelajari dan mengisi Modul I bagian dua
4. Praktik
MKeterampilan dasar dalam hubungan KP
1. Pemahaman Diri
2. Petak ”JOHARI”
3. Sikap dalam hubungan konseling
4 .............. 1. Memahami tentang teknik-teknik hubungan konseling perorangan.
2. Menguasai keterampilan dasar konseling perorangan.
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit 1. Presentasi
2. Membuat laporan kegiatan (pembukaan diri)
3. Membuat rekaman konseling
Keterampilan dasar dalam hubungan KP (lanjutan)
1. 3 ”M”
2. Membuka diri
3. Sikap dalam hubungan konseling
5 ............. 1. Memahami tentang teknik-teknik hubungan konseling perorangan.
2. Menguasai keterampilan dasar konseling perorangan.
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit 1. Presentasi
2. Membuat laporan kegiatan dalam (Latihan mengawali hubungan KP)
Pembahasan dan simulasi teknik-teknik hubungan KP
1. Menyambut klien
2. Jarak dan cara duduk
3. Kontak mata
4. Sikap dalam hubungan konseling
6 ................ 1. Memahami tentang teknik-teknik hubungan konseling perorangan.
2. Menguasai keterampilan menggunakan teknik konseling perorangan.
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit 1. Presentasi
2. Membuat laporan kegiatan (Latihan melaksanakan penstrukturan)
3. Praktik
Pembahasan dan simulasi teknik-teknik hubungan KP (Lanjutan)
1. Penstrukturan dalam KP
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 4 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: BDK208-Teknik – Teknik Konseling (4 SKS), Semester: 5 18-BK-B, Dosen : IRA OKTARINI, M. PD, Dr. Silvia Netri, M.Pd., Kons., KIKI MARIAH, S.Pd.I., M.Pd, Ruang: Lokal KII.3, Hari: Sabtu, 07.15 s.d 10.34, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: BIMBINGAN KONSELING

Pengunggahan Barusan