Publikasi IAIN Batusangkar

BIO303-Ekologi Tumbuhan (2 SKS) 3 19-TBIO-B RIZKI, S.SI., M.P L2.4, Sabtu, 07.15 s.d 08.54 2020/2021

BIO303-Ekologi Tumbuhan (2 SKS) 3 19-TBIO-B RIZKI, S.SI., M.P L2.4, Sabtu, 07.15 s.d 08.54 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI
Kode Matakuliah BIO303
Nama Matakuliah Ekologi Tumbuhan
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan RIZKI, S.SI., M.P
Peserta Perkuliahan 1930106004 - ANDRI YANSYAH,
1930106014 - FARHAN,
1930106022 - KRISANDY ANUGRAH,
1930106029 - MELLA SONIA,
1930106030 - MELYA RAHMA RESTI,
1930106031 - MUHAMMAD KHADAVI,
1930106033 - NOFIYA WARDANA,
1930106034 - NOPIALIS,
1930106035 - NOVIA ARIANI,
1930106036 - NURAZIZAH,
1930106037 - ORIN FANDELA,
1930106038 - PRATIWI AFRINDO,
1930106039 - PUSPITA SARI,
1930106040 - PUTRI MARDIANI,
1930106041 - RAHMI DAFITRI,
1930106042 - RESNA SANDRA SINTA,
1930106043 - RINI PUTRI NINGSIH,
1930106044 - SENA ROVIKA,
1930106045 - SILVI PUTRI ANTIKA,
1930106046 - SINDI BEAUTY,
1930106047 - VINNA WIDAYATI,
1930106048 - WINA AFRIANI,
1930106049 - YENI MEI SARA,
1930106050 - YILDA RISKANDA,
1930106051 - YOSSI NOVITA SARI,
1930106052 - YUNADHILA RAHMADANI,
1930106054 - ZAIHAN ABDURRAHMAN,
1930106055 - ZULGUSMA AULIA PUTRI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah dan pendekatan ekologi tumbuhan, manfaat mempelajari ekologi tumbuhan, konsep dan faktor lingkungan, hubungan antara vegetasi dengan faktor lingkungan: cahaya dan suhu, Air dan Atmosfer, Tanah, dan Tumbuhan dan Hewan. Konsep Populasi, Ekosistem, Deskripsi dan Analisis Vegetasi, Analisis statistik data sampling tumbuhan, keanekaragaman vegetasi, suksesi, penggolongan vegetasi dalam ekosistem daratan dan ekosistem pantai.

3. Capaian / Kompetensi

1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif, bermutu dan terukur dalam menjelaskan konsep dan prinsip Ekologi Tumbuhan
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur dalam mengerjakan tugas yang diberikan
3. Mampu menyusun dan mendeskripsikan hasil kajian mengenai topik ekologi tumbuhan
4. Mampu menggunakan alat-alat dalam pengukuran faktor lingkungan abiotik
5. Mampu menjelaskan hubungan faktor biotik dan abiotik
6. Mampu menganalisis luasan tutupan hutan
7. Mampu melakukan pengenalan jenis pohon
8. Mampu menentukan plot
9. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur Ekologi tumbuhan melalui kerja ilmiah minimal sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah
10. Menguasai teori dan prinsip-prinsip ekologi Tumbuhan yang mendalam sehingga dapat menerapkannya sesuai dengan materi ekologi tumbuhan dalam pendidikan terkini
11. Menguasai filosofi, konsep, prinsip dan metode model, pendekatan, media dan evaluasi untuk mendukung pembelajaran biologi di kelas yang berorientasi kan kecakapan hidup (life skill)
12. Mengusai filosofi, konsep, prinsip dan metode praktikum dan menerapkan dalam kegiatan praktikum
13. Menguasai keterampilan kerja sesuai dengan yang dipraktikkan dan manajemen laboratorium dalam peminjaman alat dan bahan, pengembalian alat dan bahan, di bidang ekologi tumbuhan

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu
1. Bertaqwa TTYME (Religius)
2. Bersikap Memiliki Keinginan tinggi untuk mengikuti perkuliahan (Loyal)
3. Taat aturan dan disiplin dalam perkuliahan (Disiplin)
4. Menjelaskan sejarah dan perkembangan ekologi tumbuhan
5. Menjelaskan definisi, konsep, pendekatan serta manfaat mempelajari ilmu ekologi tumbuhan
A. Penjelasan Mata Kuliah
1. Menjelaskan RPS Mata Kuliah
2. Membicarakan capaian mata kuiah
3. Membicarakan kontrak perkuliahan
4. Membicarakan metode dan pendekatan pembelajaran
5. Membicarakan assesment pembelajaran
6. Menjelaskan bentuk tugas mata kuliah
B. Sejarah dan pendekatan Ekologi Tumbuhan
1. Sejarah Perkembangan Ekologi
2. Perkembangan Ekologi Tumbuhan
3. Definisi dan Konsep Dasar Ekologi Tumbuhan
4. Pendekatan Ekologi Tumbuhan (Autekologi dan Synekologi)
5. Manfaat ilmu Ekologi Tumbuhan
Kuliah Online dan diskusi langsung melalui Google Meet

Forum diskusi memalui ecampus

Diskusi melalui WAG

Metode: Collaborative Learning
a. Berdiskusi secara sinkron melalui Google Meet,
b. Berdiskusi melalui Forum Diskusi di ecampus, WAG
c. Belajar mandiri
d. Berkolaborasi multidisiplin
Belajar Materi secara daring 2x50

Belajar Mandiri atau Tugas Terstruktur:
2 x 120 menit
1. Mengaktifkan kamera dan mematikan mikrofon, kecuali jika diminta untuk di hidupkan
2. Menggunakan pakaian yang sopan
3. Masuk room sebelum pembelajaran di mulai
4. Aktif dalam sesi diskusi
5. Mampu menjelaskan materi yang telah disampaikan
Penjelaan RPS
Sejaran dan Pendekatan Mempelajari Ekologi Tumbuhan
2 Mahasiswa mampu
1. Bertaqwa TTYME (Religius)
2. Bersikap Memiliki Keinginan tinggi untuk mengikuti perkuliahan (Loyal)
3. Bersemangat mengikuti perkuliahan (Energik)
4. Taat aturan dan disiplin dalam perkuliahan (Disiplin)
5. Mengungkapkan ide-ide terbaru (Inspiratif)
6. Menjelaskan tentang konsep faktor lingkungan
Mahasiswa mampu
1. Bertaqwa TTYME (Religius)
2. Bersikap Memiliki Keinginan tinggi untuk mengikuti perkuliahan (Loyal)
3. Bersemangat mengikuti perkuliahan (Energik)
4. Taat aturan dan disiplin dalam perkuliahan (Disiplin)
5. Mengungkapkan ide-ide terbaru (Inspiratif)
6. Menjelaskan tentang konsep faktor lingkungan
Kuliah Online dan diskusi langsung melalui zoom/CloudX

Forum diskusi memalui ecampus

Diskusi melalui WAG

Metode: Collaborative Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal a. Berdiskusi secara sinkron melalui zoom/CloudX
b. Berdiskusi melalui Forum Diskusi di ecampus, WAG
c. Belajar mandiri
d. Berkolaborasi multidisiplin
1. Santun
2. Jujur
3. Loyal
4. Disiplin
5. Menanggap
6. Menjelaskan konsep
7. Tugas terstruktur
all
3 Mahasiswa mampu
1. Bersikap Memiliki Keinginan tinggi untuk mengikuti perkuliahan (Loyal)
2. Bersemangat mengikuti perkuliahan (Energik)
3. Taat aturan dan disiplin dalam perkuliahan (Disiplin)
4. Mengungkapkan ide-ide terbaru (Inspiratif)
5. menjelaskan hubungan antara vegetasi dengan Kualitas Cahaya dan suhu.
Mahasiswa mampu
1. Bersikap Memiliki Keinginan tinggi untuk mengikuti perkuliahan (Loyal)
2. Bersemangat mengikuti perkuliahan (Energik)
3. Taat aturan dan disiplin dalam perkuliahan (Disiplin)
4. Mengungkapkan ide-ide terbaru (Inspiratif)
5. menjelaskan hubungan antara vegetasi dengan Kualitas Cahaya dan suhu.
Kuliah Online dan diskusi langsung melalui Zoom

Forum diskusi memalui ecampus

Diskusi melalui WAG

Metode: Collaborative Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal a. Berdiskusi secara sinkron melalui Zoom
b. Berdiskusi melalui Forum Diskusi di ecampus, WAG
c. Belajar mandiri
d. Berkolaborasi multidisiplin
1. Santun
2. Jujur
3. Loyal
4. Disiplin
5. Menanggap
6. Menjelaskan konsep
Hubungan antara Vegetasi dan Faktor Lingkungan : Cahaya dan Suhu
a. Kualitas Cahaya
b. Intensitas Cahaya
c. Titik kompensasi
d. Heliofita dan Siofita
e. Cahaya Optimal Bagi Tumbuhan
f. Adaptasi Tumbuhan Terhadap Cahaya
g. Lama Penyinaran
h. Variasi Suhu
i. Suhu dan Tumbuhan
j. Suhu dan Produktivitas
k. Thermoperiodis
l. Suhu dan Dormansi
4 Mahasiswa mampu
1. Bersikap Memiliki Keinginan tinggi untuk mengikuti perkuliahan (Loyal)
2. Bersemangat mengikuti perkuliahan (Energik)
3. Taat aturan dan disiplin dalam perkuliahan (Disiplin)
4. Mengungkapkan ide-ide terbaru (Inspiratif)
5. Menjelaskan tentang Hub ungan antara Vegetasi dan Faktor Lingkungan berupa air dan atmosfer
Mahasiswa mampu
1. Bersikap Memiliki Keinginan tinggi untuk mengikuti perkuliahan (Loyal)
2. Bersemangat mengikuti perkuliahan (Energik)
3. Taat aturan dan disiplin dalam perkuliahan (Disiplin)
4. Mengungkapkan ide-ide terbaru (Inspiratif)
5. Menjelaskan tentang Hub ungan antara Vegetasi dan Faktor Lingkungan berupa air dan atmosfer
Kuliah Online dan diskusi langsung melalui Zoom

Forum diskusi memalui ecampus

Diskusi melalui WAG

Metode: Collaborative Learning
a. Berdiskusi secara sinkron melalui Zoom
b. Berdiskusi melalui Forum Diskusi di ecampus, WAG
c. Belajar mandiri
d. Berkolaborasi multidisiplin
Belajar Materi secara daring 2x50

Belajar Mandiri atau Tugas Terstruktur:
2 x 120 menit
1. Santun
2. Jujur
3. Loyal
4. Disiplin
5. Menanggap
6. Menjelaskan konsep
7. Tugas bedah Artikel
Hubungan antara Vegetasi dan Faktor Lingkungan : Air dan Atmosfer
a. Masuknya air dalam tumbuhan
b. Laju Kehilangan Air
c. Kekurangan dan kelebihan Air
d. Efisiensi Transpirasi
e. Adaptasi Tumbuhan terhadap Kekurangan dan kelebihan Air
f. Pengelompokan dan karakteristik tumbuhan berdasarkan kadar air tanah
a) Xerophyta
b) Mesophyta
c) Hidrophyta
d) Halophyta
5 Mahasiswa mampu
1. Bersikap Memiliki Keinginan tinggi untuk mengikuti perkuliahan (Loyal)
2. Bersemangat mengikuti perkuliahan (Energik)
3. Taat aturan dan disiplin dalam perkuliahan (Disiplin)
4. Mengungkapkan ide-ide terbaru (Inspiratif)
5. Menjelaskan tentang hubungan vegetasi dengan topografi dan tana
Mahasiswa mampu
1. Bersikap Memiliki Keinginan tinggi untuk mengikuti perkuliahan (Loyal)
2. Bersemangat mengikuti perkuliahan (Energik)
3. Taat aturan dan disiplin dalam perkuliahan (Disiplin)
4. Mengungkapkan ide-ide terbaru (Inspiratif)
5. Menjelaskan tentang hubungan vegetasi dengan topografi dan tanah
Kuliah Online dan diskusi langsung melalui Zoom

Forum diskusi memalui ecampus

Diskusi melalui WAG

Metode: Collaborative Learning
a. Berdiskusi secara sinkron melalui Zoom,
b. Berdiskusi melalui Forum Diskusi di ecampus, WAG
c. Belajar mandiri
d. Berkolaborasi multidisiplin
Belajar Materi secara daring 2x50

Belajar Mandiri atau Tugas Terstruktur:
2 x 120 menit
1. Santun
2. Jujur
3. Loyal
4. Disiplin
5. Menanggap
6. Menjelaskan konsep
Hubungan antara Vegetasi dan Faktor Lingkungan : Tanah
a. Pengaruh ketinggian
b. Pengaruh kemiringan
c. Pengaruh keterbukaan
d. Phytogeografi
e. Faktor edafik (tanah):
a) Tanah dan bahan tanah
b) Tanah sebagai medium
c) Fisika tanah
d) Kimia Tanah
e) Organisme dalam tanah
f) Profil tanah
g) Adaptasi tumbuhan terhadap jenis tanah
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu
1. Bersikap Memiliki Keinginan tinggi untuk mengikuti perkuliahan (Loyal)
2. Bersemangat mengikuti perkuliahan (Energik)
3. Taat aturan dan disiplin dalam perkuliahan (Disiplin)
4. Mengungkapkan ide-ide terbaru (Inspiratif)
5. Menjelaskan tentang Hubungan antara Vegetasi dan Faktor Lingkungan Biotik: Tumbuhan dan Hewan
a. Berdiskusi secara sinkron melalui Zoom
b. Berdiskusi melalui Forum Diskusi di ecampus, WAG
c. Belajar mandiri
d. Berkolaborasi multidisiplin
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Belajar Materi secara daring 2x50

Belajar Mandiri atau Tugas Terstruktur:
2 x 120 menit
Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hubungan antara Vegetasi dan Faktor Lingkungan Biotik: Tumbuhan dan Hewan
a. Interaksi makhluk hidup
b. Interaksi antar tumbuhan dengan tumbuhan
c. Interaksi Tumbuhan dengan hewan
d. Interaksi tumbuhan dengan fungi
e. Interaksi tumbuhan dengan bakteri
f. Interaksi tumbuhan dengan virus
g. Interaksi tumbuhan dengan manusia
7 Mahasiswa mampu
1. Bersikap Memiliki Keinginan tinggi untuk mengikuti perkuliahan (Loyal)
2. Bersemangat mengikuti perkuliahan (Energik)
3. Taat aturan dan disiplin dalam perkuliahan (Disiplin)
4. Mengungkapkan ide-ide terbaru (Inspiratif)
5. Menjelaskan mengenai Populasi
Mahasiswa mampu
1. Bersikap Memiliki Keinginan tinggi untuk mengikuti perkuliahan (Loyal)
2. Bersemangat mengikuti perkuliahan (Energik)
3. Taat aturan dan disiplin dalam perkuliahan (Disiplin)
4. Mengungkapkan ide-ide terbaru (Inspiratif)
5. Menjelaskan mengenai Populasi
Kuliah Online dan diskusi langsung melalui Zoom

Forum diskusi memalui ecampus

Diskusi melalui WAG

Metode: Collaborative Learning
a. Berdiskusi secara sinkron melalui Zoom
b. Berdiskusi melalui Forum Diskusi di ecampus, WAG
c. Belajar mandiri
d. Berkolaborasi multidisiplin
Belajar Materi secara daring 2x50

Belajar Mandiri atau Tugas Terstruktur:
2 x 120 menit
1. Santun
2. Jujur
3. Loyal
4. Disiplin
5. Menanggap
6. Menjelaskan konsep
Populasi
a. Populasi Lokal
b. Kerapatan atau Kepadatan populasi
c. Pola Penyebaran Individu
d. Susunan Individu
e. Masa Hidup
f. Kurva kehidupan
g. Alokasi Sumber-sumber kehidupan
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2x50 Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Belajar Materi secara daring 2x50

Belajar Mandiri atau Tugas Terstruktur:
2 x 120 menit
Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Belajar Materi secara daring 2x50

Belajar Mandiri atau Tugas Terstruktur:
2 x 120 menit
Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Belajar Materi secara daring 2x50

Belajar Mandiri atau Tugas Terstruktur:
2 x 120 menit
Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Belajar Materi secara daring 2x50

Belajar Mandiri atau Tugas Terstruktur:
2 x 120 menit
Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Belajar Materi secara daring 2x50

Belajar Mandiri atau Tugas Terstruktur:
2 x 120 menit
Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Belajar Materi secara daring 2x50

Belajar Mandiri atau Tugas Terstruktur:
2 x 120 menit
Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Belajar Materi secara daring 2x50

Belajar Mandiri atau Tugas Terstruktur:
2 x 120 menit
Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: BIO303-Ekologi Tumbuhan (2 SKS), Semester: 3 19-TBIO-B, Dosen : RIZKI, S.SI., M.P, Ruang: L2.4, Hari: Sabtu, 07.15 s.d 08.54, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI

Pengunggahan Barusan