Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA |
Kode Matakuliah | FIS306 |
Nama Matakuliah | Analisis Materi Fisika Sekolah 3 |
Semester | 5 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | DRS. AMALI PUTRA, M.PD |
Peserta Perkuliahan | 1730107002 - ANDHIRA SYAMNI SIREGAR, 1830107002 - AMINUL INSAN, 1830107003 - ANDIKA DARMA PUTRA, 1830107004 - DESPIRA HANDAYANI, 1830107005 - DESPRI MAHARANI, 1830107006 - DWI APNI RAHAYU, 1830107007 - EDRIGON, 1830107009 - FADILATUR RAHMI, 1830107010 - FAUZIA ALVINO, 1830107011 - FENI HUMAIRA, 1830107013 - IRMA SURYANI PUTRI, 1830107014 - ISRA AZHARIA, 1830107017 - MIRA ISNAINI REZEKI, 1830107019 - NADIATUL HUSNA, 1830107021 - NOVA RAHMA DONA, 1830107022 - NUR ASNA, 1830107023 - NURKHOIRIAH RAMBE, 1830107024 - OKA FIRDAUS, 1830107025 - PERMATA LENI, 1830107026 - RAHMI FADILA, 1830107027 - SITI SALSABILA, 1830107028 - SRI UTAMI DEWI, 1830107029 - SUKMA ROVIANI, 1830107030 - SYAFRIWAL AM, 1830107031 - VIENA ANGELIA MULYADI, 1830107032 - WERI OKTAVIA, 1830107033 - ZIYAD FADHLAN NABIL |
01.Pendahuluan (Mengenal Taksonomi Bloom Revisi )
02.Kombinasi 4 dimensi pengetahuan dengan 6 tingkat proses kognitif untuk mencapai tujuan pembelajaran
03.Perbedaan Karakteristik soal LOTS dan HOTS
04.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Elektrostatika
05.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Elektrodinmika
06.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Medan Magnet
07.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment GGL Imbas
08.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Arus Bolak Balik
09.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Radiasi Elektromagnetik
10.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Teori Relativitas Khusus
11.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Fenomena Kuantum
12.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Inti Atom dan Radioaktivitas
13.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Teknologi Digital
14.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Sumber Sumber Energi
CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
Setelah mengkaji dan menganalisis isi buku teks fisika kelas XII Sekolah
Menegah, mahasiswa menguasai & mampu:
a) Menemukan 4 dimensi pengetahuan dan 6 tingkatan proses kognitif yang
terdapat dalam buku teks tersebut
b) Mengkonfirmasi kecocokan pengetahuan awal mahasiswa dengan materi
esensial yang terdapat dalam buku teks, sehngga dapat diperbaiki
miskonsepsi yang terjadi pada diri mahasiswa.
c) Menguasai dan merancang asesment untuk kemampuan menganalisis,
mengevaluasi dan mengkreasi.(Higher Order Thinking Skills=HOTS)
d) Membudayakan karakter : keimanan dan kepercayaaan terhadap Tuhan
YME, menerapkan ahklahkul karimah, menghargai pendapat dan hasil karya
orang lain, kejujuran dalam berkata dan berbuat, kemandirian, tanggung
jawab, rasa percaya diri, kerjasama, serta bertindak kreatif dan inovatif
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang PENGENALAN DAN KONTRAK PERKULIAHAN | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | REGULASI PERKULIAHAN 1 SEMESTER | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Diskusi informasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pengenalan & kontrak perkuliahan |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ...ANALISIS MATERI ELEKTROSTATIKA | DISKUSI INFORMASI | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | MENYUSUN MATERI ESENSIAL DAN ASESMEN |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | RESPONSI DAN KUIS MATERI RANGKAIAN ARUS SE ARAH | DISKUSI -INFORMASI-TEST | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | MENYUSUN MATERI ESSENSIAL DAN ASSESMENT |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang .Medan Magnet | Diskusi Informasi -presentasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Cuplikan buku ajar |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Analisis Materi Esensial Medan Magnret | Diskusi informasi dan presentasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Cuplikan buku Pelajaran Fisika SMA |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang INDUKSI ELEKTROMAGNETIK | TEST ONLINE | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | KUIS |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: FIS306-Analisis Materi Fisika Sekolah 3 (2 SKS), Semester: 5 18-TFIS-A, Dosen : DRS. AMALI PUTRA, M.PD, Ruang: L2.7, Hari: Sabtu, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar