Publikasi IAIN Batusangkar

FIS306-Analisis Materi Fisika Sekolah 3 (2 SKS) 5 18-TFIS-A DRS. AMALI PUTRA, M.PD L2.7, Sabtu, 10.35 s.d 12.15 2020/2021

FIS306-Analisis Materi Fisika Sekolah 3 (2 SKS) 5 18-TFIS-A DRS. AMALI PUTRA, M.PD L2.7, Sabtu, 10.35 s.d 12.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA
Kode Matakuliah FIS306
Nama Matakuliah Analisis Materi Fisika Sekolah 3
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan DRS. AMALI PUTRA, M.PD
Peserta Perkuliahan 1730107002 - ANDHIRA SYAMNI SIREGAR,
1830107002 - AMINUL INSAN,
1830107003 - ANDIKA DARMA PUTRA,
1830107004 - DESPIRA HANDAYANI,
1830107005 - DESPRI MAHARANI,
1830107006 - DWI APNI RAHAYU,
1830107007 - EDRIGON,
1830107009 - FADILATUR RAHMI,
1830107010 - FAUZIA ALVINO,
1830107011 - FENI HUMAIRA,
1830107013 - IRMA SURYANI PUTRI,
1830107014 - ISRA AZHARIA,
1830107017 - MIRA ISNAINI REZEKI,
1830107019 - NADIATUL HUSNA,
1830107021 - NOVA RAHMA DONA,
1830107022 - NUR ASNA,
1830107023 - NURKHOIRIAH RAMBE,
1830107024 - OKA FIRDAUS,
1830107025 - PERMATA LENI,
1830107026 - RAHMI FADILA,
1830107027 - SITI SALSABILA,
1830107028 - SRI UTAMI DEWI,
1830107029 - SUKMA ROVIANI,
1830107030 - SYAFRIWAL AM,
1830107031 - VIENA ANGELIA MULYADI,
1830107032 - WERI OKTAVIA,
1830107033 - ZIYAD FADHLAN NABIL

2. Deskripsi Pembelajaran

01.Pendahuluan (Mengenal Taksonomi Bloom Revisi )
02.Kombinasi 4 dimensi pengetahuan dengan 6 tingkat proses kognitif untuk mencapai tujuan pembelajaran
03.Perbedaan Karakteristik soal LOTS dan HOTS
04.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Elektrostatika
05.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Elektrodinmika
06.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Medan Magnet
07.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment GGL Imbas
08.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Arus Bolak Balik
09.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Radiasi Elektromagnetik
10.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Teori Relativitas Khusus
11.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Fenomena Kuantum
12.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Inti Atom dan Radioaktivitas
13.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Teknologi Digital
14.Analisis materi, miskonsepsi dan asesment Sumber Sumber Energi

3. Capaian / Kompetensi

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
Setelah mengkaji dan menganalisis isi buku teks fisika kelas XII Sekolah
Menegah, mahasiswa menguasai & mampu:
a) Menemukan 4 dimensi pengetahuan dan 6 tingkatan proses kognitif yang
terdapat dalam buku teks tersebut
b) Mengkonfirmasi kecocokan pengetahuan awal mahasiswa dengan materi
esensial yang terdapat dalam buku teks, sehngga dapat diperbaiki
miskonsepsi yang terjadi pada diri mahasiswa.
c) Menguasai dan merancang asesment untuk kemampuan menganalisis,
mengevaluasi dan mengkreasi.(Higher Order Thinking Skills=HOTS)
d) Membudayakan karakter : keimanan dan kepercayaaan terhadap Tuhan
YME, menerapkan ahklahkul karimah, menghargai pendapat dan hasil karya
orang lain, kejujuran dalam berkata dan berbuat, kemandirian, tanggung
jawab, rasa percaya diri, kerjasama, serta bertindak kreatif dan inovatif

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang PENGENALAN DAN KONTRAK PERKULIAHAN Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya REGULASI PERKULIAHAN 1 SEMESTER
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Diskusi informasi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Pengenalan & kontrak perkuliahan
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ...ANALISIS MATERI ELEKTROSTATIKA DISKUSI INFORMASI Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya MENYUSUN MATERI ESENSIAL DAN ASESMEN
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... RESPONSI DAN KUIS MATERI RANGKAIAN ARUS SE ARAH DISKUSI -INFORMASI-TEST Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya MENYUSUN MATERI ESSENSIAL DAN ASSESMENT
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang .Medan Magnet Diskusi Informasi -presentasi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Cuplikan buku ajar
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Analisis Materi Esensial Medan Magnret Diskusi informasi dan presentasi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Cuplikan buku Pelajaran Fisika SMA
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang INDUKSI ELEKTROMAGNETIK TEST ONLINE Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya KUIS
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: FIS306-Analisis Materi Fisika Sekolah 3 (2 SKS), Semester: 5 18-TFIS-A, Dosen : DRS. AMALI PUTRA, M.PD, Ruang: L2.7, Hari: Sabtu, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) FISIKA

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS