Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan kemapuan entrepreneurship dalam kesiapan karir anak asuh melalui pendekatan bibliotherapy.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Model eksperimen yang digunakan yaitu quasi eksperimen (eksperimen semu). Adapun bentuk rancangan eksperimen ini adalah the one group pretest-posttest design yaitu memberikan perlakuan terhadap satu kelompok (tidak ada kelompok kontrol). Artinya, bibliotherapy digunakan pada satu kelompok eksperimen, tidak ada kelompok control sebagai pembandingnya. Untuk mengetahui hasil dari penelitian ini dengan melihat perbedaan antara skor pretest dan posttest sebagai hasil perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan secara keseluruhan pada komponen-komponen kemampuan entrepreneurship yang terdiri dari percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambilan resiko, kepemimpinan, keorisinilan, dan berorientasi kemasa depan. Berdasarkan analisis hasil statistik terjadi peningkatan kemampuan entrepreneurship anak asuh secara signifikan jika dilihat pada taraf 1 %.