Abstract:
Kajian pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa tentang kreativitas konselor dalam mengembangkan minat siswa mengikuti layanan konseling individu di MTsN Gadut Bunga Setangkai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang kreativitas konselor dalam mengembangkan minat siswa mengikuti layanan konseling individu di MTsN Gadut Bunga Setangkai.
Jenis penelitian ini adalah “Field Research” (Penelitian Lapangan) yang menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang telah mengikuti layanan konseling individu di MTsN Gadut Bunga Setangkai dalam rentang waktu 3 Bulan dalam tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 105 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 26 orang siswa, yang terdiri dari kelas VII.3 sebanyak 2 orang siswa, kelas VIII.3 sebanyak 8 orang siswa, kelas IX.1 sebanyak 5 orang siswa, dan kelas IX.2 sebanyak 11 orang siswa, dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pada sebagian besar siswa memiliki persepsi bahwa konselor sangat kreatif dalam mengembangkan minat siswa mengikuti layanan konseling individu, dilihat dari kemampuannya dalam menghasilkan ide/gagasan yang bersifat unik, kemampuannya dalam melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda serta mampu untuk menyesuaikan diri dengan keadaan/situasi, kemampuannya saat memperinci secara detail objek, gagasan atau situasi sehingga menjadi lebih menarik, memiliki ketertarikan, antusias, dan semangat, kemampuannya dalam berkata-kata maupun bertindak saat merespon, dan kemampuannya dalam berhubungan dengan siswa ataupun bertingkah laku. Dan sebagian kecil siswa memiliki persepsi bahwa konselor tersebut kreatif dalam mengembangkan minat siswa mengikuti layanan konseling individu, dilihat dari kemampuannya menciptakan serta mengeluarkan ide/gagasan dengan mudah, cepat dan tepat.