Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana profil siswa yang terisolir dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil siswa yang terisolir dalam belajar yaitu siswa kelas X SMAN 1 Sungayang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian field research dengan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis. Responden dalam penelitian ini adalah siswa yang terisolasi dalam aspek belajar di kelas X SMAN 1 Sungayang tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 12 orang dari 69 siswa terisolir dalam aspek belajar, dengan menggunakan teknik wawancara dan Snowball Sampling.
Hasil penelitian tentang profil siswa yang terisolir dalam aspek belajar. Tidak semua anak yang terisolir memiliki hasil belajar yang rendah atau jelek. Faktor yang menyebabkan seorang siswa menjadi terisolir tidak sama. Ada siswa yang terisolir dalam belajar karena hasil belajarnya yang rendah, ada yang terisolir karena kepribadiannya yang tidak baik, walaupun hasil belajarnya tinggi, dan ada juga yang terisolir karena disebabkan oleh hasil belajar yang rendah dan kepribadian yang tidak baik.