Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan membuktikan apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar siswa di SMAN 2 Batusangkar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional yang bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian untuk melihat hubungan satu variabel terhadap variabel lain. Variabel yang dimaksud adalah kepercayaan diri dan kemandirian belajar siswa di SMAN 2 Batusangkar. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMAN 2 Batusangkar sebanyak empat ratus tujuh puluh orang siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak seratus tujuh belas orang siswa. Berdasarkan populasi di atas maka penulis mengambil sampel dengan cara Cluster Sampling. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan digunakan skala yang diberikan kepada seratus tujuh belas orang siswa kelas X dan IX di SMAN 2 Batusangkar.
Hasil penelitian diketahui bahwa, rxy lebih kecil dari r’ tabel pada alpha nol koma nol lima. Maka hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis nihil (Ho) diterima. Hal ini berarti bahwa, antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar siswa di SMAN 2 Batusangkar tidak berkorelasi secara signifikan, akan tetapi korelasi keduannya sangat rendah atau sangat lemah.