Abstract:
Masalah yang menjadi pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran religiusitas siswa dan program pengembangannya di SMPN 2 Salimpaung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran religiusitas siswa di SMPN 2 Salimpaung dan merumuskan program pengembangannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Research And Developmnet (R&D).Penelitian ini memakai lima (5) langkah (identifikasi masalah, pengumpulan informasi,desain program, validasi program, dan perbaikan program), dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala model Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Salimpaung yang berjumlah 177 orang siswa. Dari 177 orang siswa ini diambil 45 orang siswa sebagai sampel penelitian ini.
Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian, dari aspek aqidah,ibadah dan akhlak, aspek akhlak perlu mendapat perhatian lebih, karena semua indikator aspek akhlak perlu dikembangkan. Indikator-indikator aspek akhlak tersebut adalah sikap hormat pada orang tua, menjalin silaturahmi, mengendalikan diri dari perbuatan yang diharamkan Allah, bersyukur, sabar, jujur dan amanah, memiliki etos dan semangat belajar yang tinggi, memelihara kebersihan dan kesehatan dan sersikap optimis terhadap masa depan dengan berikhtiar dan berdoa. Pada aspek aqidah indikator yang perlu dikembangkan adalah keyakinan bahwa Allah melihat semua perbuatan manusia, meyakini Allah mengasihi orang yang taat dan membenci orang yang mendurhakai-Nya. Pada aspek ibadah, indikator pengamalan ibadah ritual perlu dikembangkan. Dari data tersebut penulis merumuskan program untuk mengembangkan religiusitas siswa di SMPN 2 Salimpaung.