Abstract:
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk melihat bagaimana bentuk-bentuk pelanggaran siswa terhadap disiplin sekolah serta upaya penanganannya oleh guru bimbingan dan konseling di SMAN 2 Sungai Tarab. Aspek yang akan dilihat meliputi bentuk-bentuk pelanggaran siswa terhadap disiplin sekolah, upaya guru bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang melanggar disiplin sekolah, kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan personil sekolah lainnya dalam penanganan pelanggaran siswa terhadap disiplin sekolah.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara wawancara dengan guru bimbingan dan konseling, wali kelas, guru mata pelajaran, guru piket dan kepala sekolah di SMAN 2 Sungai Tarab, serta dengan analisis dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari keseluruhan masalah yang diteliti bentuk pelanggaran siswa terhadap disiplin di SMAN 2 Sungai Tarab lebih tergolong kepada kategori pelanggaran ringan, sungguhpun demikian perlu sekali mendapatkan bantuan dari pihak sekolah dalam penanganannya. Penanganan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling berupa layanan konseling individual, layanan orientasi dan konferensi kasus, serta dengan bekerja sama dengan personil sekolah.
iii