Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap layanan konseling perorangan di SMAN 2 Sungai Tarab
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap layanan konseling perorangan di SMAN 2 Sungai Tarab
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode “Field Research” (Penelitian Lapangan) yang bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMAN 2 Sungai Tarab yang juga menjadi sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari semua tingkatan kelas di SMAN 2 Sungai Tarab dengan jumlah sampel 80 orang, dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala Guttman.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil olahan data penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa terhadap layanan konseling perorangan berada pada kategori positif, dari 80 orang siswa 74 orang (92,5%) memiliki persepsi positif terhadap layanan konseling perorangan. sedangkan menurut indikator dalam sub variabel, masih adanya persepsi siswa yang negatif, hal itu terlihat pada indikator persepsi siswa terhadap pengertian layanan konseling perorangan, dari 80 orang siswa, 29 orang (36,25%) memiliki persepsi positif terhadap pengertian layanan konseling perorangan dan pada indikator persepsi terhadap klien dalam layanan konseling perorangan, dari 80 orang siswa, 39 orang (48,75%) yang memiliki persepsi positif.