Abstract:
Masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara konsep diri dengan perilaku menyonteks iswa SMPN 2 Rambatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan membuktikan apakah terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku menyontek siswa SMPN 2 Rambatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional yang bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian untuk melihat hubungan satu variabel terhadap variabel lain. Variabel yang dimaksud adalah konsep diri dan perilaku menyontek siswa SMPN 2 Rambatan. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 2 Rambatan sebanyak tujuh puluh delapan orang siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan digunakan skala Likert.
Hasil penelitian diketahui bahwa rxy lebih besar dari rtabel pada alpha nol koma nol lima. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Hal ini berarti bahwa antara konsep diri dan perilaku menyontek iswa SMPN 2 Rambatan terdapat korelasi yang signifikan.