Abstract:
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kendala-kendala dalam pemasaran produk Tabungan BSM Dollar pada Bank Syariah Mandiri KCP Batusangkar yaitu: Pertama kendala internal yang meliputi keterbatasan SDM yang dimiliki terutama pada bagian marketing Tabungan Dollar, harga produk Tabungan Dollar yang tinggi, strategi promosi yang dilakukan hanya dengan cara personal selling khusus untuk Tabungan Dollar dan kendala finansial (dana) dalam promosi. Kedua kendala eksternal meliputi rendahnya pemahaman masyarakat tentang lembaga keuangan syariah, persaingan antar lembaga keuangan yaitu persaingan yang terjadi dalam manarik nasabah serta produk yang ditawarkan, rendahnya pemahaman masyarakat terhadap produk Tabungan Dollar dan lokasi nasabah dan pangsa pasar yang sulit dijangkau oleh pemasar serta kurangnya motivasi masyarakat yang dipicu oleh ketidakpahaman terhadap produk Tabungan Dollar.
Penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara langsung kelapangan yang menggambarkan bentuk kendala-kendala pemasaran produk Tabungan BSM Dollar dilihat dari kendala internal dan eksternal pemasaran produk Tabungan BSM Dollar pada Bank Syariah Mandiri KCP Batusangkar. Data dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer dan sekunder berupa hasil wawancara dan dokumen yang berhubungan dengan kendala pemasaran produk Tabungan BSM Dollar.Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi.