Abstract:
Penelitian ini bertolak dari permasalahan yang teridentifikasi dalam pembelajaran matematika di SMAN 1 Sungai Tarab.Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa guru kelas XI IPS telah menggunakan sumber belajar berupa buku paket.Buku paket yang digunakan oleh guru tersebut belum memberikan bimbingan dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan siswa kesulitan menerapkan konsep yang sudah diperoleh siswa. Sesuai dengan karakteristik siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Tarabakan terlihat ketika guru memberikan permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, serta dalam mengerjakannya guru membimbing siswa sehingga muncullah aktivitas siswa dalam menyelesaikannya sehingga motivasi siswa dan aktivitas siswa akan terlihat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya bahan ajar yang dapat menunjang siswa untuk aktif dan termotivasi dalam pembelajaran matematika. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah penggunaan buku kerja dengan menggunakan langkah-langkah pendekatan kontekstual
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana validitas dan praktikalitas buku kerja pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstualpada materi statistika dan peluang di kelas XI IPS SMAN 1 Sungai Tarab?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui buku kerja pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstualpada materi statistika dan peluang di kelas XI IPS SMAN 1 Sungai Tarab yang valid dan praktis.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Instrumenpenelitianmenggunakanlembar validasi dan angket.Pada proses validitas, prototype buku kerja pada materi statistika dan peluang divalidasioleh2 orang pakarMatematika di IAIN Batusangkar dan seorang guru matematika SMAN 1 Sungai Tarab. Pada proses praktikalitas buku kerja pada materi statistika dan peluang diujicobakansecaraterbataspadasiswakelasXI IPS SMAN 1 Sungai Tarabuntukmelihatketerbacaan buku kerja yang dikembangkan.
Hasil penelitian ini adalah 1) buku kerja buku kerja pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstualpada materi statistika dan peluang di kelas XI IPS SMAN 1 Sungai Tarabyang dirancang telah valid dari segi kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa, 2) buku kerja buku kerja pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstualpada materi statistika dan peluang di kelas XI IPS SMAN 1 Sungai Tarabtelah praktis dari segi kemudahan dalam penggunaan berdasarkan penilaian siswa.