Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah terdapat korelasiantara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosionalsiswa di SMAN 2Sawahlunto, jika terdapat korelasi, seberapa erat korelasiantara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosionaltersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosionalsiswa di SMAN 2Sawahlunto.
Jenis penelitian ini termasuk kepada penelitian korelasional dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasinya adalah siswa kelas X dan XI SMAN 2 Sawahlunto. Adapun sampel penelitian diambil dengan menggunakan simple random sampling, maka diperoleh sampel kelas X.6 dan XI IA 1. Data tentang hubungan antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada siswa yang menjadi sampel penelitian.
Hasil analisis data dengan menggunakan teknik korelasi product moment diperoleh hasilbahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional(Ha) dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pola asuh demokratis merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional siswa.