Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah “bagaimana pengaruh konseling pendekatan Analisis Transaksional format kelompok terhadap keterampilan komunikasi siswa di SMAN 1 Sungayang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konseling pendekatan Analisis Transaksional format kelompok berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi siswa.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (Konseling Pendekatan Analisis Transaksional Format Kelompok) terhadap variabel Y (Keterampilan Komunikasi). H0: konseling pendekatan Analisis Transaksional format kelompok tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi siswa. Ha: konseling pendekatan Analisis Transaksional format kelompok berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling pendekatan Analisis Transaksional format kelompok berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil “t” hitung sebesar 4,81 dengan df atau db 9. Maka apabila kita lihat pada Tabel Nilai t, pada taraf signifikansi 5% diperolehlah harga kritik t sebesar 2,26. Jadi 2,26 < 4,81, dengan demikian dapat diartikan bahwa layanan konseling pendekatan Analisis Transaksional format kelompok berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas X di SMAN 1 Sungayang.