Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tentang adakah pengaruh pendekatan Cognitive Behavior Therapy terhadap Self Regulated Learning siswa kelas X.7 di SMAN 1 Salimpauang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendekatan Cognitive Behavior Therapy sebagai salah satu pendekatan layanan bimbingan dan konseling yang diharapkan efektif dalam meningkatkan Self Regulated Learning siswa yang rendah.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu desain subjek tunggal (Single Subject). Tipe Single subjek experiment design yang digunakan adalah tipe AB yaitu eksperimen dua tahap, tahap A adalah suatu periode dasar dan tahap B adalah tahap intervensi atau konseling.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pendekatan Cognitive Behavior Therapy setting individual ternyata dapat meningkatkan Self Regulated Learning siswa. Hal ini dilihat dari grafik hasil penelitian untuk masing-masing sampel yang menunjukkan setiap kali proses konseling Cognitive Behavior Therapy terlihat adanya peningkatan skor Self Regulated Learning siswa pada taraf tinggi dan sangat tinggi.