Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 4 Koto Baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 4 Koto Baru. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 4 Koto Baru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 4 Koto Baru.
Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, yang bersifat deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMPN 4 Koto Baru yang berjumlah 64 orang, dan untuk sampel penulis menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sampel. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket tertutup dengan skala Likert. Alternatif jawaban dalam angket ini adalah “selalu, sering, kadang-kadang, jarang, dan tidak pernah”. Analisis data yang digunakan adalah rumus persentase.
Hasil penelitian dapat dilihat bahwa pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 4 Koto Baru berada pada kategori tinggi. Pengaruh tersebut dilihat pada indikator-indikator dari motivasi belajar yaitu adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif.
Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa yaitu berdasarkan indikator adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil, siswa sebagian berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan indikator adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, sebagian siswa berada pada kategori tinggi. Berdasarkan indikator adanya harapan dan cita-cita masa depan sebagian siswa berada pada kategori sedang. Berdasarkan indikator adanya penghargaan dalam belajar sebagian siswa berada pada kategori sedang. Berdasarkan indikator adanya kegiatan yag menarik dalam belajar sebagian siswa berada pada kategori tinggi. Berdasarkan indikator adanya lingkungan belajar yang kondusif sebagian besar siswa berada pada kategori tinggi.