Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru BK dengan guru agama dalam mengembangkan kesadaran beragama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru BK dengan guru agama dalam mengembangkan kesadaran beragama siswa di MTsN Lembah Gumanti.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengungkapkan fenomena dengan cara mengumpulkan data di lapangan sesuai dengan apa adanya dan menghasilkan data berupa kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data yaitu secara wawancara, observasi dan studi dokumentasi, dimana yang menjadi sumber data primer adalah guru BK berjumlah 1 orang dan guru agama berjumlah 5 orang, yang terdiri dari guru mata pelajaran Al-Qur`an Hadis 2 orang, guru mata pelajaran Aqidah-Akhlak 1 orang, guru mata pelajaran Fiqih 1 orang, dan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) 1 orang yang dipilih berdasarkan teknik purposeful sampling, selanjutnya sumber data sekunder diperoleh dari observasi dan dokumentasi yang peneliti kumpulkan di lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang upaya guru BK dengan guru agama dalam mengembangkan kesadaran beragama siswa di MTsN Lembah Gumanti tidak terlepas dari tugas dan tanggung jawab dari guru BK dan guru agama, di antaranya: upaya guru BK dilakukan dalam bentuk pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling pada bidang pengembangan kehidupan beragama yang dilaksanakan dalam kegiatan layanan bimbingan dan konseling, upaya guru agama dilakukan dalam bentuk pembinaan agama kepada siswa melalui pembelajaran agama, kerjasama guru BK dengan guru agama dilakukan dalam bentuk kerja kolaborasi dalam mengidentifikasi siswa yang membutuhkan bimbingan agama, memberikan pembinaan untuk mengentaskan permasalahan siswa, memberikan bimbingan agama untuk mengembangkan potensi siswa, serta membiasakan pelaksanaan ibadah agama di sekolah.