Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan minat siswa untuk mengikuti layanan konseling perorangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan minat siswa untuk mengikuti layanan konseling perorangan di MAN 2 batusangkar.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mengungkapkan fenomena dengan cara mengumpulkan data di lapangan sesuai dengan apa adanya dan menghasilkan data berupa kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, dimana yang menjadi sumber data primer adalah 3 orang guru bimbingan dan konseling.
Berdasarkan hasil penelitian tentang upaya guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan minat siswa untuk mengikuti layanan konseling perorangan di MAN 2 Batusangkar tidak terlepas dari tugas dan tanggung jawab dari guru bimbingan dan konseling itu sendiri yang mana upaya tersebut dilakukan dalam bentuk menumbuhkan perasaan senang, perhatian, motif dan perasaan tertarik siswa terutama kepada guru bimbingan dan konseling itu sendiri beserta layanan konseling perorangan yang diberikannya. Apabila keempat komponen tersebut sudah terbentuk, maka siswa akan memiliki minat terhadap layanan konseling perorangan yang merupakan salah satu dari jenis layanan yang ada pada BK. Upaya tersebut dilakukan dalam bentuk pembinaan dan bimbingan kepada siswa agar minat siswa untuk mengikuti layanan konseling perorangan terus tumbuh dan berkembang dengan baik.