Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya berbagai persepsi mahasiswa terhadap full English speaking di kelasLiterature for ELT I. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi mahasiswa terhadap full English speakingyang diterapkan oleh dosen mata kuliah Literature for ELT IIAIN Batusangkar tahun akademik 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptifkuantitatif.Populasinya adalah seluruh mahasiswa semester delapan yang mengambil mata kuliah Literature for ELT I tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 85 orang. Sampel dari penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling, dimana 62 orang menjadi sampel penelitian dan 15 orang untuk uji coba. Dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah angket.Dari angket yang diujicobakan didapat 42 itemvalid, 42 item revisi, and 6 itemdibuang.Selanjutnya angket direvisi yang berjumlah 84 item dan kemudian dibagikan kepada 62 orang sampel penelitian untuk mengumpulkan data.Kemudian data dianalisis dengan menggunakan SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap full English speakingdalam matakuliahLiterature for ELT I adalah ada pada kategori positifdengan rata-rata 316,73. Jika dilihat dari masing-masing aspek persepsi, persepsi mahasiswa terhadap full English speaking yang digunakan oleh dosen dalam mata kuliah Literature for ELT I adalah sebagai berikut: pada aspekkognitifpersepsi mahasiswaadalah positifdengan rata-rata 187; pada aspekafektifpersepsi mahasiswaadalahpositifdenganrata-rata 61,11;dan pada aspekkonatifpersepsi mahasiswaadalahpositifdengan rata-rata 68,16.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap full English speaking yang diterapkan oleh dosen mata kuliah Literature for ELT Idi IAIN Batusangkar tahun akademik 2015/2016 adalah positif.