Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah beragamnya alasan mahasiswa bahasa Inggris menggunakan native language di dalam kelas.Bertitik tolak dari permasalahan di atas, tujuan pembahasan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan alasan mahasiswa bahasa Inggris menggunakan native language di dalam kelas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode phenomenology.Instrumen kunci pada penelitian ini adalah peneliti itu sendiri.Pengambilan data penelitian di lakukan dengan angket terbuka dan wawancara. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VIII jurusan Tadris Bahasa Inggris tahun akademik 2015/2016 sehingga terpilih 10 orang informant yang akan di wawancarai. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles and Huberman model.Untuk menguji keabsahan data digunakantriangulation technique.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan mahasiswa bahasa Inggris menggunakan native language di dalam kelas adalah1) tidak percaya diri dengan pronunciation, 2) kurang kosa kata, 3) sulit untuk mengungkapkan ide, 4) tidak ada yang memancing untuk menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas, 5) kebanyakan teman sekelas menggunakan native language daripada bahasa Inggris, 6) malu menggunakan bahasa Inggris, 7) untuk membuat lawan bicara paham dengan maksud yang dibicarakan, 8) komunikasi melalui native language menjadi cepat dan lancar, 9) hemat waktu ketika menggunakan native language, 10) malas menggunakan bahasa Inggris, 11) native language lebih mudah daripada bahasa yang lain, 12) tujuan yang akan dicapai cepat di pahami oleh lawan bicara.