Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya jenis strategi yang digunakan oleh mahasiswa dalam mata kuliah listening oleh mahasiswa Bahasa Inggris di IAIN Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menemukan strategi yang digunakan oleh mahasiswa, khususnya oleh mahasiswa yang memiliki nilai bagus dan tinggi
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam menemukan strategi yang digunakan oleh mahasiswa semester 4 dalam kuliah listening di Jurusan Bahasa Inggris IAIN Batusangkar tahun akademik 2015 / 2016. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 9 orang, yaitu mereka yang sedang mengambil mata kuliah listening 4 dan juga sudah melewati tiga kali mata kuliah listening. Informant yang 9 orang tersebut didapat, karena mereka memiliki nilai yang tinggi dalam mata kuliah listening, yaitu A and A- atau 80-100. Teknik yang digunakan dalam pengambilan informan adalah purposive sampling. Untuk menguji keabsahan dan kevalitan data, peneliti menggunakan triangulasi, yaitu nya dengan menggunakan dua kali wawancara pada waktu yang berbeda. Selanjutnya dalam melakukan analisis data, peneliti melakukan reduksi data, data display lalu menarik kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada 9 strategi yang digunakan oleh mahasiswa yang memiliki nilai yang tinggi ketika mendengarkan recording dalam mata kuliah listening. Kesembilan strategi itu adalah 1) connecting, 2) predicting, 3) brainstorming, 4) reference reading, 5) reviewing, 6) mapping, 7) repetition, 8) take a note, 9) summarizing. Semua strategi tersebut mereka gunakan kedalam 3 bagian dalam proses listening, yaitu pre-listening, while-listening dan post-listening.