Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya strategi yang diterapkan oleh anak yang nilainya tinggi dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh siswa yang memperoleh nilai tinggi di SMPN 4 Baso.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 di SMPN 4 Baso tahun pelajaran 2015/2016. Informan penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 dan VIII 2 yang berjumlah 15 orang. Informan penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara. Untuk menguji kebenaran data, peneliti melakukan time triangulation dengan mewawancarai ulang para informant di waktu yang berbeda. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan cara reduction of the data, data display, conclusion and verification of the data. Pengumpulan data dilakukan dengan menginterview siswa yang mendapatkan nilai tinggi dalam ujian semester. Sebelum melakukan wawancara peneliti meminta hasil ujian semester ke guru bahasa Inggris kelas 8.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 7 strategi yang digunakan oleh siswa yang mempunyai nilai tinggi di kelas VIII di SMPN 4 Baso dalam belajar bahasa Inggris yaitu: pertama, melihat kamus. Kedua, mendengarkan lagu Barat. Ketiga, mengerjakan latihan di LKS. Keempat, mendengarkan penjelasan guru. Kelima, berlatih dirumah. Keenam, menonton film Barat. Ketujuh, mengikuti les bahasa Inggris.