Abstract:
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bervariasinya jenis sentence errors yang terdapat dalam penulisan teks yang ditulis oleh siswa kelas sepuluh SMAN 2 Sungai Tarab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang apa saja sentence errors yang terdapat dalam penulisan teks bahasa Inggris yang ditulis oleh siswa kelas sepuluh di SMAN 2 Sungai Tarab.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan disain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah dokumen yang memiliki banyak kesalahan pada teks deskriptif yang di dibuat oleh siswa kelas sepuluh, yang berjumlah 79 orang di SMAN 2 Sungai Tarab tahun akademik 2015/2016 yang ditetapkan dengan menggunakan teknik total sampling. Dalam menganalisis dokumen, sententence errors ditulis oleh siswa kelas sepuluh di SMAN 2 Sungai Tarab ditandai dan diberi kode. Kemudian mengelompokan sesuai dengan macam-macam sentence errors yang ditemukan, serta membuat percentage dari sampel, dan membuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima jenis sentence errors dalam teks deskriptif yang dibuat oleh siswa kelas sepuluh di SMAN 2 Sungai Tarab. Kelima sentence errors yang di temukan adalah Sentence Fragment (SF), Choppy Sentence (CS), Run-on Sentence (RS), comma splices (CM), and stringy sentences (SS). Ada 1 (1.96%) sentence fragments, 14 (25.92%) choppy sentences, 21 (38.88%) run-on sentences, 12 (22.22%) comma splices, and 4 (7.40%) stringy sentences.