Publikasi IAIN Batusangkar

PMI203-Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam (2 SKS) 1 20-PMI IRWANDI. MA FUAD 1.4, Sabtu, 07.15 s.d 08.55 2020/2021

PMI203-Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam (2 SKS) 1 20-PMI IRWANDI. MA FUAD 1.4, Sabtu, 07.15 s.d 08.55 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah
Jurusan PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
Kode Matakuliah PMI203
Nama Matakuliah Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan IRWANDI. MA
Peserta Perkuliahan 2030305001 - AFIFAH OKTAFIANA,
2030305002 - ANIZA NATALIA,
2030305003 - APRILA HIKMA,
2030305004 - ASHRI RAMADHAN,
2030305005 - AULIANSYAH,
2030305006 - DESWITA SARI,
2030305007 - DINDA NOVITA PUTRI,
2030305008 - ERNI SURYANI,
2030305009 - FADILA DWI PERMATASARI,
2030305010 - IKBAR IBRAHIM,
2030305011 - INDAH PERMATA SARI,
2030305012 - JUMAIDUL HIJJAH FEBRA,
2030305013 - MHD ALDI RAMADHAN,
2030305014 - MISBAHUL KHAIRI,
2030305015 - MIZHOLA MULIA,
2030305016 - MULYANI,
2030305017 - NELLI YULIANA,
2030305018 - NUR VITA SARI,
2030305019 - RIJA GUSRINA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini berisi pengajaran mengenai konsep dasar PMI, Pengertian, ruang lingkup PMI, Pengembangan dan pemberdayaan Massyarakat : sebuah overview teoritis, LSM dan Diskursus Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, Konsep Dasar Bil-hal dalam konteks PMI, Konsep Dasar masyarakat madani (masa rasulullah ), karakteristik masyrakat muslim, tradisi dan budaya keislaman sebagai modal sosial keagamaan dalam PMI, kelembagaan sosial keagamaan perannya dalam PMI (bidang pendidikan), kelembagaan sosial keagamaan perannya dalam PMI (BAZ, BKMT, biro haji dan umrah), kelembagaan sosial keagamaan , Peran aktor/tokoh agama dalam PMI, Pendampingan sosial keagamaan bagi induvidu keluarga dan klp kecil, Kelompok sasaran PMI dan upaya pemberdayaan nya dalam perspektif surat Attaubah 60 tetang delapan asnaf sasaran, Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sebagai model pembangunan alternatif

3. Capaian / Kompetensi

1. Mahasiswa mampu memahami Pengertian, ruang lingkup PMI
2. Mahasiswa bisa memahami peran kerja LSM dan Diskursus Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat
3. Mahasiswa bisa memahami Konsep Dasar Bil-hal dalam konteks PMI, Konsep Dasar masyarakat madani (masa rasulullah ) serta karakteristik masyrakat muslim
4. Mahasiswa dapat memahami dan mampu menyiapi tradisi dan budaya keislaman sebagai modal sosial keagamaan dalam PMI, kelembagaan sosial keagamaan perannya dalam PMI (bidang pendidikan)
5. Mahasiswa bisa ikut serta dalam kelembagaan sosial keagamaan perannya dalam PMI (BAZ, BKMT, biro haji dan umrah), kelembagaan sosial keagamaan
6. Mahasiswa bisa memahami Pendampingan sosial keagamaan bagi induvidu keluarga dan klp kecil, Kelompok sasaran PMI dan upaya pemberdayaan nya dalam perspektif surat Attaubah 60 tetang delapan asnaf sasaran dan Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sebagai model pembangunan alternatif

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu memahami proses perkuliahan 1. Orientasi Perkuliahan
2. Kontrak belajar Membagi tugas untuk studi mahasiswa
Pemahaman tentang mata kuliah dasar-dasar PMIMenjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PMI203-Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam (2 SKS), Semester: 1 20-PMI, Dosen : IRWANDI. MA, Ruang: FUAD 1.4, Hari: Sabtu, 07.15 s.d 08.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

Pengunggahan Barusan