Fakultas | Ushuluddin Adab dan Dakwah |
Jurusan | PSIKOLOGI ISLAM |
Kode Matakuliah | UAD502 |
Nama Matakuliah | Kewirausahaan |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | IRWANDI. MA |
Peserta Perkuliahan | 1930306001 - ADITYA FAIZUL RAHMAN, 1930306003 - AL-INSANIYATUR RAHMA, 1930306004 - AMELIA GUSTIN, 1930306005 - ANDRI MULIA, 1930306006 - ANGGUN WIDYANINGSIH, 1930306007 - ANITA SRI NINGSIH, 1930306008 - ANNISA MELINDA, 1930306009 - AYU SASMITA, 1930306010 - CICI ELVINDA, 1930306011 - CINDYA ANGGRAINI, 1930306012 - DAMSAHARA RANDI DIBONA, 1930306014 - FEGA WANDRA, 1930306015 - FITRIYANI, 1930306016 - GIA NOVITA, 1930306017 - HUSNI SAFITRI, 1930306018 - INAYAH PERMATA, 1930306019 - IRFAN PUTRA PRATAMA, 1930306020 - KHAIRANI LATIFA, 1930306024 - LARA DUTA, 1930306026 - LILIS DAHLIA, 1930306029 - MIFTAHUL FU'AT DATIN, 1930306030 - NAMIRA UMMI KHALSUM YB, 1930306031 - NATASYA FRANSISKA, 1930306032 - NELDAWATI |
Matakuliah ini didesain untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang perkembangan konsep-konsep kewirausahaan, peranan kreativitas, inovasi, dan berbagai kecerdasan dalam kewirausahaan, serta berbagai hal yang terkait dengan persiapan untuk menjadi wirausaha
1. menelaah sumber-sumber pertumbuhan wirausaha baru
2. memvalidasi karakter wirausaha dalam dirinya
3. mengkaitkan entrepreunerial sofiskill yang dimiliki dengan penumbuhan wirausaha
4. merancang proses mempersiapkan diri menjadi seorang wirausaha
5. merekonstruksi pengalaman para wirausaha sukses
6. mengkombinasikan berbagai sumberdaya untuk memulai dan mengembangkan usaha
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu memahami proses perkuliahan | 1. Orientasi Perkuliahan 2. Kontrak belajar 3. Membagi tugas untuk studi mahasiswa |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | kemampuan dalam memahami MK | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan Mahasiswa mampu menjelaskan dan menguraikan perkembangan kewirausahaan dalam pembangunan bangsamendikusikan .... | Kewir ausahaan dan Tantangan Bangsa 1. Permasalahan Bangsa 2. Peranan Wirausaha |
diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperati | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: UAD502-Kewirausahaan (2 SKS), Semester: 3 19-PSI-A, Dosen : IRWANDI. MA, Ruang: FUAD 1.4, Hari: Sabtu, 13.15 s.d 14.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PSIKOLOGI ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar