Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah “bagaimana pengaruh Bibliotherapy terhadap peningkatan karakter peduli lingkungan pada santri TPA/TPSA Al-Ikhlas Dobok Indah Batusangkar.” Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan karakter peduli lingkungan melalui bibliotherapy di TPA/TPSA Al-Ikhlas Dobok Indah.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (bibliotherapy) terhadap variabel Y (peduli lingkungan). H0: bibliotherapy tidak berpengaruh terhadap peningkatan karakter peduli lingkungan pada santri TPA/TPSA H1: bibliotherapy berpengaruh terhadap peningkatan karakter peduli lingkungan pada santri TPA/TPSA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bibliotherapy berpengaruh signifikan dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan. Berdasarkan analisis hasil statistik terjadi peningkatan karakter peduli lingkungan pada santri TPA/TPSA dengan menggunakan pendekatan bibliotherapy secara signifikan yang dilihat menggunakan taraf 1%. Begitupun dengan taraf signifikan 5% diperoleh harga kritik t sebesar 1,78 dan dapat hasil yang sama dengan taraf 1%.