Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah masih rendahnya regulasi diri siswa MAS Salimpaung kelas XI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran regulasi diri siswa MAS Salimpaung kelas XI dan merumuskan program pengembangannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Risearch And Developmnet (R&D).Penelitian ini memakai lima (5) langkah (identifikasi masalah, pengumpulan informasi,desain program, validasi program, dan perbaikan program). Teknik pengumpulan data menggunakan skala model Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAS Salimpaung yang berjumlah 109. Dari 109 orang siswa ini diambil kelas XI yang berjumlah 30 orang siswa sebagai sampel penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan, terdapat tujuh indikator regulasi diri siswa MAS Salimpaung kelas XI yang berada pada kategori sedang yaitu indikator perencanaan, pengontrolan, evaluasi, membangkitkan perilaku untuk mencapai tujuan, memantapkan perilaku untuk mencapai tujuan, mengatur diri, menciptakan lingkungan yang mendukung. Berdasarkan data tersebut penulis merumuskan program untuk meningkatkan regulasi diri siswa MAS Salimpaung kelas XI.