Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap locus of control siswa dalam belajar di Pondok Pesantren Al- Manar Batuhampar. Berdasarkan masalah pokok tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap locus of control siswa dalam belajar secara signifikan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yaitu penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan enam kali treatment layanan bimbingan kelompok dengan topik kepercayaan diri, kemandirian belajar, kontrol diri, tanggungjawab, inisiatif dalam belajar dan cara belajar efektif. Penelitian ini menggunakan instrument skala likert. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX yang tergolong kepada locus of control eksternal orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang siswa yang tergolong kepada locus of control eksternal.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh bahwa skor hasil posttest kelompok eksperimen menurun dibandingkan hasil pretest dan juga dapat dilihat pada hasil thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel). Artinya hipotesis alternatif diterima (Ha), berarti layanan bimbingan kelompok berpengaruh signifikan terhadap locus of control siswa dalam belajar di Pondok Pesantren Al- Manar Batuhampar pada taraf signifikan 1%