Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok terhadap kebiasaan belajar siswa di MAS TI Pariangan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kebiasaan belajar siswa di MAS TI Pariangan, serta melihat sejauh mana peningkatan kebiasaan belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan konseling kelompok.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen, yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh layanan konseling kelompok terhadap kebiasaan belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalah layanan konseling kelompok berpengaruh signifikan terhadap kebiasaan belajar siswa di MAS TI Pariangan (ha) dan layanan konseling kelompok tidak berpengaruh signifikan terhadap kebiasaan belajar siswa di MAS TI Pariangan (ho). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAS TI Pariangan yang berjumlah 6 orang siswa yang memiliki kategori kebiasaan belajar kurang baik, dengan cara pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.
Hasil penelitian tentang pengaruh layanan konseling kelompok terhadap kebiasaan belajar di MAS TI Pariangan menunjukkan bahwa konseling kelompok efektif dalam meningkatkan kebiasaan belajar siswa yang kurang baik menjadi baik. Hal ini dapat dilihat dari besarnya “to” yang penulis peroleh (t0= 5,23) dan besarnya “tt” pada taraf signifikansi 1% yaitu 4,03. Artinya bahwa konseling kelompok berpengaruh signifikan terhadap kebiasaan belajar siswa di MAS TI Pariangan.