Abstract:
Salmi Rahmadani, NIM 1630401162, dengan judul skripsi “Peranan Account Officer dan Analis Pembiayaan dalam Mencegah Terjadinya Pembiayaan Bermasalah di PT. BPR Syariah Al-Makmur”. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah peningkatan jumlah pembiayaan bermasalah dari tahun ke tahun sedangkan jumlah nasabahnya selalu menurun di PT. BPR Syariah Al-Makmur. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui analisa dan proses sistem kerja Account Officer dan Analis Pembiayaan terhadap permohonan pembiayaan, faktor penyebab timbulnya pembiayaan bermasalah, dan upaya Account Officer dan Analis Pembiayaan dalam mencegah pembiayaan bermasalah di PT. BPR Syariah Al-Makmur. Jenis penelitian ini adalah field research dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan teknik penjamin keabsahan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisa dan proses sistem kerja Account Officer dan Analis Pembiayaan terhadap permohonan pembiayaan di PT. BPR Syariah Al-Makmur adalah pertama analisis permohonan pembiayaan yang mengacu kepada usur 5C yaitu character, capacity, capitaly, condition dan collateral. Kedua proses sistem kerja Account Officer dan Analis Pembiayaan terhadap permohonan pembiayaan seperti, target market (pemasaran), mengumpulkan kelengkapan/persyaratan administrasi, pengumpulan data-data keuangan nasabah melalui wawancara, keputusan pembiayaan dan penandatanganan akad pembiayaan dan realisasi pembiayaan. Faktor yang menjadi penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah di PT. BPR Syariah AlMakmur dikarenakan dari pihak bank terjadi kekeliruan dalam menganalisis suatu permohonan pembiayaan yang dilakukan oleh Account Officer dan Analis Pembiayaan dan kurang teliti dalam menganalisis karakter nasabah sehingga Account Officer dan Analis Pembiayaan mempercayakan pemberian pembiayaan dalam jumlah yang besar tanpa menelusuri secara mendalam mengenai prospek usaha nasabah tersebut. Dan dari pihak nasabah seperti, penurunan pendapatan usaha nasabah, itikad kurang baik nasabah dalam pembayaran kembali pinjamannya, bencana alam yang di alami oleh nasabah dan nasabah kurang mampu mengelola usahanya. Upaya Account Officer dan Analis Pembiayaan dalam mencegah pembiayaan bermasalah di PT. BPR Syariah Al-Makmur adalah melakukan pendekatan kepada nasabah pembiayaan, berhati-hati dalam memberikan pembiayaan, mengadakan pengawasan pembiayaan terus-menerus, melakukan analisa dengan sebaik-baiknya dan meningkatkan marketing pembiayaan.