Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | NUR AZIZAH | |
dc.date.accessioned | 2020-12-16T08:27:49Z | |
dc.date.available | 2020-12-16T08:27:49Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-09-15 | |
dc.identifier.isbn | 1630101021 | |
dc.identifier.isbn | 1630101021 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000550 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109671&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain | |
dc.description.abstract | NUR AZIZAH, NIM 1630101021judul skripsi“PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI PENGENALAN MUFRADAT DI SEKITAR SEKOLAHDI PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBABARU” Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam (IAIN) Batusangkar Tahun 2020. Latar belakang masalah pada penelitian ini, minimnya Media pembelajaran game edukasi yang bisa digunakan oleh guru maupun siswa dalam pembelajaran terutama pembelajaran Bahasa Arab. Hal ini berdampak pada keterampilan santri dalam berbahasa arab. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti mengembangkan game edukasipada mata pelajaran Pendidikan Bahasa Arab materi pengenalan mufradat di sekitar sekolahdi kelas I.F di PONPES Musthafawiyah Purbabaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas game edukasi menggunakan software adobe flash cs6. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang peneliti gunakan adalah model penggembangan 4D. Tahapan penelitian menggunakan model 4D ini adalah Define, Design, Development, dan Dissemination, pada penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap develop. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas I.F di PONPES Musthafawiyah Purbabaru. Produk yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validasi dan praktikalisasi berupa angket yang terdiri dari lembar validasi dan angket respon siswa yang dianalisis dengan menggunakan rumus P= Σ skor per item X 100% skor maksimal Berdasarkan hasil validasi pakar game edukasi menunjukkan bahwa hasil validasi game edukasi terkategori sangat valid dengan rata-rata persentase 82,56%. Sedangkan dari segi praktisnya dikategorikan sangat praktis dengan ratarata persentase 92,46%. Berdasarkan hasil validasi dan praktikalisasi tersebut maka game edukasi ini layak digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab materi pengenalan mufradat di sekitar sekolah.. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109671&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain | |
dc.subject | Pendidikan islam | |
dc.subject.ddc | 2x7.3 | |
dc.subject.ddc | 2x7.3 | |
dc.title | PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI PENGENALAN MUFRADAT DI SEKITAR SEKOLAH DI PONPES MUSTHAFAWIYAH PURBABARU | |
dc.type | Skripsi |