Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | PUTRI HANDAYANI | |
dc.date.accessioned | 2020-12-16T08:27:51Z | |
dc.date.available | 2020-12-16T08:27:51Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-09-15 | |
dc.identifier.isbn | 1630101111 | |
dc.identifier.isbn | 1630101111 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000549 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/eQxTNZHSGEyWHZG2jQRcrxBUuGNU2QlJ.pdf | |
dc.description.abstract | PUTRI HANDAYANI, NIM 1630101111. Judul Skripsi : “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri Pada Materi Pernikahan Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XII di SMAN 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar”. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan yang ditemukan di SMAN 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar adalah keterbatasan sumber belajar yang digunakan siswa untuk memahami materi pernikahan mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XII SMAN 1 Pariangan yang diajarkan oleh guru. Meskipun dari segi jumlah sumber belajar yang digunakan sudah mencukupi, namun sumber belajar tersebut tidak bisa menjadi penunjang sepenuhnya bagi siswa untuk memahami materi pernikahan. Adapun tujuan dari penelitian secara umum adalah menghasilkan modul pembelajaran berbasis inkuiri yang dapat membantu siswa SMAN 1 Pariangan dalam memahami materi pernikahan secara jelas dan memotivasi siswa untuk belajar mandiri. Tujuan penelitian secara khusus adalah untuk mendapatkan data apakah karakteristik dari modul pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk/ memodifikasi produk yaitunya modul pembelajaran berbasis inkuiri. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu: define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa modul pembelajaran berbasis inkuiri materi pernikahan yang telah dihasilkan bersifat sangat valid dengan menunjukkan nilai perhitungan koefisien indeks aiken sebesar 82 melalui uji validasi oleh 3 orang validator. Hasil uji praktikalitas melalui angket respon siswa dikategorikan sangat praktis dengan penilaian presentase sebesar 92,08%. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109670&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain | |
dc.subject | Pendidikan islam | |
dc.subject.ddc | 2x7.3 | |
dc.subject.ddc | 2x7.3 | |
dc.title | PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA MATERI PERNIKAHAN MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS XII DI SMAN 1 PARIANGAN KABUPATEN TANAH DATAR | |
dc.type | Skripsi |