Abstract:
JUMIATUL KHAIRAT, NIM. 1630101013, Judul Skripsi: “PERANDINGAN HASIL BELAJAR SANTRI MENGGUNAKAN METODE TALQIN DENGAN QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN ALQUR’AN MATERI TAJWID DI RUMAH QUR’AN AR-RAHMAN JORONG PARUMPUNG KABUPATEN LIMA PULUH KOTA”. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2020.
Di era perkembangan dan kemajuan dalam bidang pendidikan dengan adanya tantangan zaman serta kebutuhan masyarakat untuk belajar al-Qur‟an banyak yang memunculkan metode praktis dalam belajar membaca al-Qur‟an sehingga anak-anak mudah memahami pembelajaran al-Qur‟an dan dapat membaca al-Qur‟an dengan benar. Dari sinilah peneliti mengambil dua contoh metode yang biasa digunakan oleh guru mengajar untuk memudahkan memahami pembelajaran al-Qur‟an. ada beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran al-Qur‟an yang diajarkan di Rumah Qur‟an Ar-Rahman, namun yang lebih sering digunakan yaitu metode Talqin dengan Qiro‟ati. Dalam menggunakan metode ini memiliki perbedaan hasil belajar dari dua metode yang sudah dilaksanakan.
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar santri dengan menggunakan metode Talqin dengan metode Qiro‟ati lebih baik dalam pembelajaran al-Qur‟an materi tajwid (hukum bacaan nun mati dan tanwin) di Rumah Qur‟an Jorong Parumpung Kabupaten Lima Puluh Kota.
Penelitian ini menggunakan penelitian ex post facto dengan jenis penelitian causal komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah santri kelas 2 di Rumah Qur‟an Ar-rahman Jorong Parumpung Kabupaten Lima Puluh Kota yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling, sampel yang terpilih adalah kelas 2A dan 2B.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar dalam pembelajaran alqur‟an pada kelas talqin adalah 74,6 dengan persentase ketuntasan 80% sedangkan, rata-rata yang diperoleh pada kelas Qiro‟ati adalah 69,9 dengan persentase ketuntasan 50%. Dari perhitungan diperoleh thitung= 3,79 dan ttabel= 1,73. Oleh karena thitung > ttabel maka H1 diterima. Jadi, dapat dikemukakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar santri menggunakan metode talqin dengan qiro‟ati dalam pembelajaran alqur‟an materi tajwid di Rumah Qur‟an Ar-Rahman jorong Parumpung Kabupaten Lima Puluh Kota.