Abstract:
DESI MUSLIADI, NIM. 1630101089, Judul Skripsi “PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI INQUIRY DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMAN 1 SULIKI, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2020, yang terdiri dari 76 halaman. Melihat dari hasil Pembelajaran PAI Siswa khusus nya siswa kelas XI IPA di SMA 1 Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan pembelajaran PAI siswa di SMA 1 Suliki. Rendahnya hasil pembelajaran PAI siswa diduga salah satu penyebabnya adalah proses pembelajaran yang terjadi bersifat monoton, guru kurang memvariasikan dengan strategi pembelajaranyang menarik sehinga tidak menambah motivasi siswa dalam belajar, karna itu siswamenjadi kurang perhatian, kurang aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menggunakan strategi inquiry dan problem based learning. Penelitian ini dibatasi pada hasil belajar siswa yang menggunakan strategi inquiry dengan siswa yang menggunakan problem based learning di SMAN 1 Suliki. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi inquiry dengan siswa yang menggunakan problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi inquiry dengan hasil belajar siswa yang menggunakan problem based learning. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi inquiry dengan siswa yang menggunakan problem based learning. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research), metode penelitian adalah deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA 1 Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota yang terdiri dari 121 orang. Teknik penentuan sampel adalah teknik total sampling, sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan strategi inquiry adalah 77,11 dengan persentase ketuntasan 60% sedangkan, rata-rata yang diperoleh pada kelas yang menggunakan problem based learning adalah 74,59 dengan persentase ketuntasan 40%. Dari perhitungan diperoleh thitung = 1,85dan ttabel = 1,70. Oleh karena thitung > ttabel maka H1 diterima. Jadi, dapat dikemukakan bahwaterdapat perbandingan hasil belajar siswa menggunakan strategi inquiry dengan problem based learning di kelas XI IPA SMA 1 Suliki