Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK CHINEMATHERAPY TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP N 3 PARIANGAN

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author MELLA RAHMADANI
dc.date.accessioned 2020-12-16T08:28:04Z
dc.date.available 2020-12-16T08:28:04Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2020-09-15
dc.identifier.isbn 15300800052
dc.identifier.isbn 15300800052
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22000544
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/CgI6i1BsvXoDlQY8vbQySa58cOhO.pdf
dc.description.abstract MELLA RAHMADANI. NIM, 15300800052 Judul skripsi “PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK CINEMATHERAPY TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII.1 DI SMPN 3 PARIANGAN”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah banyak siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah yaitu kurangnya keyakinan akan Kemampuan dirinya, tidak Optimis dan objektif, tidak bertanggung jawab dan mudah menyerah dalam mengerjakan tugas, tidak bisa berfikir secara rasional, tidak bisa menyesuaikan diri di ligkungan sekolah, kurang memanfaatkan kelebihan dan tidak memiliki mental dan fisik yang menunjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan klasikal dengan teknik chinematerapy untuk meningkatkan kepecayaan diri siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimen dan jenis desain yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one group pre-tes – post-test design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen dengan menggunakan skala kepercayaan diri siswa model likert. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMPN 3 Pariangan. Sampel penelitian ini adalah siswa yang dari skor hasil Pre-test dikategorikan memiliki kepercayaan diri yang rendah, dan diperoleh sampel sebanyak 25 orang siswa. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan bimbingan klasikal dengan teknik cinematherapy terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal dengan teknik cinematherapy dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMPN 3 Pariangan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis dimana thitung>ttabel sehingga Ha yang menyatakan bimbingan klasikal dengan teknik cinematherapy berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri siswa secara signifikan diterima, dan H0 yang menyatakan bahwa bimbingan klasikal dengan teknik cinematherapy tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri siswa ditolak.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.source https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109665&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain
dc.subject Bimbingan Konseling
dc.subject.ddc 371.4
dc.subject.ddc 371.4
dc.title PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK CHINEMATHERAPY TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP N 3 PARIANGAN
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku