Publikasi IAIN Batusangkar

VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SHERLI OKTAVIA
dc.date.accessioned 2020-12-16T08:28:21Z
dc.date.available 2020-12-16T08:28:21Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2020-09-14
dc.identifier.isbn 1630105046
dc.identifier.isbn 1630105046
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22000537
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdIhex8Z225KWM0aQtLRxUXhi4fTjPcCN%2Bw6keKpeapT7wvcpfpUjxYKDePbRhhdfSOGPJwmISyND3mkwD8v7dJwcBXhOhJcC2z7XTWawG25CNIQGfGWlwHpGqrophJpjhc%2FEIFuDFXRkoz3OQiBG2O98f%2F%2BSbxo6xY%3D
dc.description.abstract Sherli Oktavia, NIM: 1630105046, Judul Skripsi “Validitas LKPD Berbasis Learning Cycle 5e pada Pembelajaran Matematika Materi Himpunan”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020. Penelitian ini bertolak dari salah satu permasalahan pembelajaran matematika di sekolah yaitu sumber belajar yang tidak kontekstual dengan kehidupan sehari-hari siswa. Sumber belajar berupa buku paket hanya berisi materi dan latihan-latihan saja. Dengan demikian, maka perlu adanya sumber belajar pendamping yang mampu memfasilitasi siswa. Salah satu sumber belajar pendamping yang dapat digunakan siswa adalah LKPD berbasis model learning cycle 5e. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD himpunan berbasis model learning cycle 5e yang valid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan tahap yaitu “define (pendefenisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan)”. Tahap pendefenisian (define) penelitian ini menggunakan wawancara dengan guru bidang studi matematika serta siswa, menganalisis silabus dan RPP matematika kelas VII, analisis karakteristik siswa. Tahap perancangan (design) penelitian ini untuk menyiapkan prototipe LKPD berbasis model learning cycle 5e. Tahap pengembangan (develop) adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang sudah direvisi berdasarkan masukan dari para pakar, dalam tahap ini berupa validasi perangkat oleh pakar (validasi). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi produk LKPD berbasis model learning cycle 5e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis model learning cycle 5e yang dirancang telah valid dengan hasil validitas yang diperoleh nilai 86,94% dengan kategori sangat valid.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.source https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109658&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain
dc.subject Matematika Pendidikan
dc.subject.ddc 510.07
dc.subject.ddc 510.07
dc.title VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku