Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | MUTIARA ALFI RAMADHAN | |
dc.date.accessioned | 2020-12-16T08:28:35Z | |
dc.date.available | 2020-12-16T08:28:35Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-09-14 | |
dc.identifier.isbn | 15300800060 | |
dc.identifier.isbn | 15300800060 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000531 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/d9VMRfVKK8JWHaetwlQwy2OZtFb7WQeR.pdf | |
dc.description.abstract | MUTIARA ALFI RAMADHAN, NIM.15300800060, Judul Skripsi “EVALUASI PROGRAM BK DAN PELAKSANAANNYA DI SMPN 5 PADANG PANJANG YANG TIDAK MEMILIKI JAM TETAP BK”, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2020. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk program BK serta bagaimana pelaksanaan dari program BK yang tidak memiliki jam tetap BK di SMPN 5 Padang Panjang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan atau menggambarkan tentang hasil evaluasi program BK dan pelaksanaannya di SMPN 5 Padang Panjang yang tidak memiliki jam tetap BK. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara , dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah Guru Bimbingan dan Konseling. Teknik analisis dan interprestasi data ini dengan analisis deskriptif kualitatif. Teknik penjamin keabsahan data ini adalah triagukasi sumber, triagulasi teknik dan triagulasi waktu Hasil penelitian diketahui (1) bahwa program BK dibuat secara berkala dan diperbaharui setiap tahunnya dengan pedoman pada BK Komprehensif, hanya saja pada program yang dibuat oleh Guru BK di SMPN 5 Padang Panjang tidak tercantum jadwal kegiatan harian sehingga program yang disusun tidak utuh berdasarkan program BK Komprehensif menurut Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling (POP). Dalam pembuatan program semua personil sekolah terlibat di dalamnya, dengan melakukan berbagai upaya ketika ada kendala yang ditemui dalam pembuatan program. Hal utama yang dilakukan Guru BK dalam membuat program yaitu dengan menentukan need assessment meskipun menggunakan instrumen yang tidak standar, yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan peserta didik. (2) tidak adanya jadwal pelaksanaan BK masuk kelas tidak menjadi hambatan bagi Guru BK untuk tetap menjalankan program, dan juga tidak menjadi halangan bagi Guru BK untuk menjalankan layanan meskipun tidak berjalan efektif yang terkendala pada jam tetap BK. Terkait dengan tidak adanya jadwal kegiatan BK pada program juga menjadi alasan mengapa jadwal pelaksanaan BK masuk kelas itu tidak ada dan dilaksanakan diluar jam belajar efektif, karena Guru BK tidak mempunyai jadwal tersendiri yang bisa memperkuat pihak sekolah serta meyakinkan dengan data yang dimiliki Guru BK bahwa pelajaran BK itu sangat penting dan memang harus memiliki jam tetap pada setiap minggunya. Guru BK perlu meyakinkan bahwa ada bahan serta manfaat yang dapat dihasilkan dari pelaksanaan BK. Dapat ditarik kesimpulan salah satu penyebab tidak adanya jadwal pelaksanaan BK masuk kelas adalah dengan tidak adanya jadwal kegiatan BK pada program yang dibuat oleh Guru BK di SMPN 5 Padang Panjang. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109652&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain | |
dc.subject | Bimbingan Konseling | |
dc.subject.ddc | 371.4 | |
dc.subject.ddc | 371.4 | |
dc.title | EVALUASI PROGRAM BK DAN PELAKSANAANNYA DI SMPN 5 PADANG PANJANG YANG TIDAK MEMILIKI JAM TETAP BK | |
dc.type | Skripsi |