Abstract:
RIA ARDIANTI, NIM 1630103078. Judul Skripsi “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan TQM di SMPN 4 Batusangkar” Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tahun 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi yaitu SMPN 4 Batusangkar mengalami perubahan baik dilihat dari segi fisik maupun non fisik. Dengan kemajuan tersebut, orang tua murid tertarik menyekolahkan anaknya di SMPN 4 Batusangkar tanpa ragu dengan mutu sekolah bukan seperti era sebelumnya yang menganggap sekolah ini sekolah yang banyak terdapat siswa yang nakal. Contoh perubahan yang terjadi pada mutu sekolah adalah jumlah siswa yang semakin bertambah dan prestasi siswa yang semakin meningkat. Fokus penelitian adalah Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan TQM di SMPN 4 Batusangkar. Rumusan dalam penelitian ini bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan TQM di SMPN 4 Batusangkar. Dan tujuan dalam penelitian ini adalah yaitu untuk Menjelaskan Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan TQM di SMPN 4 Batusangkar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kualitatifdan mengambil lokasi di SMPN 4 Batusangkar.Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah berupaKamera, Recorder, Buku catatan dan Daftar wawancara.Sumber data dalampenelitian ini adalah Kepala sekolah, dan guru di SMPN 4 Batusangkar.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahwawancara dan dokumentasi serta teknik mengecek keabsahan data, penelitimenggunakan Triangulasi Sumber.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan penyajian data.Teknik penjaminan keabsahan datayang digunakan dalam penelian ini adalah trianggulasi dan menggunakan bahan. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa, kepala sekolah SMN 4 Batusangkar menggunakan strategi 4M dalam meningkatkan TQM yaitu, Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan, dan Memberdayakan. Strategi tersebut sudah terlaksana dengan baik tetapi masih ada kekurangan dan belum terlaksana dengan maksimal.