Abstract:
FIRA RAHMA SARI, NIM 1630403039. Judul SKRIPSI “ PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI TOKO PUSAT OLEH-OLEH PUSAKO MINANG TABEK PATAH “. Jurusan Ekonomi Syariah konsentrasi Manajemen Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terjadinya ketidaksingkronan antara biaya promosi dengan volume penjualan di toko pusat oleh-oleh Pusako Minang Tabek Patah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan di toko pusat oleh-oleh pusako minang Tabek Patah. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti turun kelapangan untuk memperoleh data yang berhubungan dengan penelitian dengan metode kuantitatif. Dalam melakukan penelitian ini sumber data yang digunakan berupa dokumen laporan keuangan yaitu informasi keuangan di Toko Pusat Oleh-oleh Pusako Minang Tabek Patah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kolerasi, koefisien determinasi, uji t dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00. Sedangkan untuk thitungsebesar 6, 067>ttabelsebesar 2,3060 maka dapat disimpulkan bahwa variabel biaya promosi (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan (Y), sedangkan dilihat dari nilai koefisien determinasi sebesar 0,821, artinya persentase pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan sebesar 82,1%.