Abstract:
GUSVADIANA.NIM, 1630103035 Judul SKRIPSI “Persepsi Peserta Didik Terhadap Pengembangan Karakter Di SMA Muhammadiyah Batusangkar”. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah persepsi peserta didik terhadap pengembangan karakter siswa.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi peserta didik terhadap strategi/ metode pengembangan karakter di SMA Muhammadiyah Batusangkar, 2) Bagaimana persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan pengembangan karakter di SMA Muhammadiyah Batusangkar, 3) Bagaimana persepsi peserta didik terhadap control pengembangan karakter di SMA Muhammadiyah Batusangkar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap strategi, pelaksanaan, dan control pengembangan karakter di SMA Muhammadiyah Batusangkar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif ini dan mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah Batusangkar. Instrumen pada penelitian ini adalah berupa hand phone, buku catatan, pena dan pensil. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik yang belajar di SMA Muhammadiyah Batusangkar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap 1) Stategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam pengembangan karakter peserta didik terdiri dari: keteladanan, kegiatan spontan, teguran, pengkondisian lingkungan dan kegiatan rutin. 2) Pelaksanaan pengembangan karakter peserta didik terdiri dari: penegakan disiplin, tata tertib, religius, dan tanggung jawab. 3) Control dalam pengembangan karakter peserta didik yang dilakukan oleh sekolah terdiri dari: pengamatan dan pencatatan.