Abstract:
HANIFAH WULNDARI, NIM. 14 106 023, judul skripsi “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROLEM SOLVING BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP PEMBELAJARAN IPA SMP NEGERI 1 PARIANGAN ” Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2020. Skripsi ini berjumlah 68 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar biologi siswa khususnya kelas VIII di SMP N 1 Pariangan masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata Ujian Tengah Semester I. Rendahnya hasil belajar IPA dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya dalam proses soal yang diberikan guru tidak sepenuhnya terselesaikan oleh siswa. Siswa juga terlihat kurang terlatih dalam mengkontruksi atau menyusun suatu permasalahan yang diberikan oleh guru, sehingga belum sepenuhnya mampu menemukan suatu konsep dalam memecahkan soal yang diberikan guru. Selain itu buku yang dipakai dalam proses pembelajaran kurang mendukung siswa dalam meningkatkan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa dengan penerapan model pembelajaran problem solving berbasis literasi sains lebih baik daripada model pembelajaran konvensional SMP N 1 Pariangan pada materi sistem pencernaan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control-group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Pariangan yang berjumlah 68 orang siswa. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas VIII. 1 yang terdiri dari 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. 3 berjumlah 22 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir pada kedua kelas sampel, dan tes akhirnya berupa tes objektif. Dari penelitian didapatkan bahwa “ hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan penerapan model problem solving berbasis literasi sains berpengaruh terhadap kognitif siswa hasil belajar. Hal ini dilihat berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t, didapatkan nilai ttabel2,47 dan thitung 2,02 . Sehingga thitung > ttabel yaitu (2,47 > 2,02). Apabila ditinjau dari nilai rata-rata, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 80,09 dibandingkan rata-rata kelas kontrol yaitu 71,18.Jadi, penerapan model pembelajaran problem solving berbasis literasi sains siswa dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.