Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | REFINA DHONA | |
dc.date.accessioned | 2020-12-16T08:29:54Z | |
dc.date.available | 2020-12-16T08:29:54Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2020-09-14 | |
dc.identifier.isbn | 1630106049 | |
dc.identifier.isbn | 1630106049 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22000501 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/UEmXcKKQcKyNOJvwQBXtBbHCdru6LNZA.pdf | |
dc.description.abstract | Refina Dhona, NIM 1630106049, Judul Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Class-wide Peer Tutoring (CWPT) dengan Permainan Jeopardy untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII SMPN 1 Sungayang”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2020. Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu Pembelajaran yang masih bersifat konvensional, siswa tidak berani dalam mengajukan pertanyaan dan menyampaikan pendapatnya sehingga proses pembelajaran terkesan pasif, interaksi antara siswa dengan guru atau antar siswa rendah, siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar kognitif siswa yang kurang maksimal dikarenakan kurang memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Class-Wide Peer Tutoring (CWPT) dengan permainan Jeopardy pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 1 Sungayang. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis true expeerimental dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes bentuk Essay pada ranah kognitif,. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif, kemudian dianalisis untuk merumuskan hipotesis penelitian yang diajukan. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t didapatkan bahwa nilai thitung yaitu 3,497 > dari 1,672 pada ttabel, sehingga hipotesis penelitian diterima. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pretest pemahaman konsep siswa kelas eksperimen 24,43 dan rata-rata pada posttest adalah 80,54 dan rata-rata pretest kelas kontrol adalah 23,37 dan rata-rata posttest hanya mencapai 72,57. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran Class-Wide Peer Tutoring (CWPT) dengan permainan Jeopardy lebih baik dari peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 1 Sungayang. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.source | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id:443/batusangkar/AmbilLampiran?ref=109622&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain | |
dc.subject | Metode Belajar | |
dc.subject.ddc | 3 71.36 | |
dc.subject.ddc | 3 71.36 | |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLASS-WIDE PEER TUTORING (CWPT) DENGAN PERMAINAN JEOPARDY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII SMPN 1 SUNGAYANG | |
dc.type | Skripsi |