Abstract:
QORI APRIL WULANDARI, NIM 1630103067, judul skripsi “Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Tanah Datar” , Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Batusangkar.
Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah pelaksanaan manajemen peserta didik di MTsN 17 Tanh Datar yang sub fokusnya tentang analisis kebutuhan peserta didik dan juga rekrutmen peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimana analisis kebutuhan peserta didik di MTsN 17 Tanah Datar, 2) bagaimana rekrutmen peserta didik di MTsN 17 Tanah Datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik di MTsN 17 Tanah Datar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif dan mengambil lokasi di MTsN 17 Tanah Datar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kesiswaan, dan wakil kurikulum. Teknik pengumpulan data ini adalah wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang mendukung dalam teknik pengumpulan data yaitu berupa hand phone, buku catatan, dan pulpen. Hand phone digunakan untuk merekam wawancara penelitian dengan informan apabila tidak tercatat semua dengan peneliti. Buku catatan dan pulpen digunakan untuk mencatat pokok-pokok hasil wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi dan menggunakan bahan referensi.
Dari hasil wawancara yang peneliti lakukan, bahwasannya madrasah belum maksimal dalam pelaksanaan manajemen peserta didik, melalui analisis kebutuhan peserta didik dan rekrutmen peserta didik, dimana analisis yang dilakukan belum memiliki pertimbangan dan pencapaian yang telah direncanakan sebelumnya, sehingga banyaknya kota penerimaan peserta didik yang kosong. Dari rekrutmrn peserta didik madrsah ini belum mengadakan sistem seleksi dimana peserta didik yang diterima hanya melakukan seleksi administrasi saja sehingga hal tersebut berdampak kepada mutu dan kualitas dari peserta didik.